Hedonisme dalam Iklan Remaja (Analisis Isi Media tentang Gaya Hidup Hedonis dalam Iklan Seri Yamaha New Mio M3 125 Blue Core)

Kartinawati, Erwin Hedonisme dalam Iklan Remaja (Analisis Isi Media tentang Gaya Hidup Hedonis dalam Iklan Seri Yamaha New Mio M3 125 Blue Core). Komunikatif, 4 (2). pp. 16-32.

[img] Text
769-1888-1-SM.pdf

Download (1MB)
[img] Text
769-1888-1-SM.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://journal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/ar...

Abstract

Iklan dipilih sebagai salah satu cara produsen untuk mengenalkan produk baru ataupun mendongkrak penjualan. Hedonisme adalah satu bentuk gaya hidup yang digunakan dalam iklan guna menggambarkan kelebihan produk serta alasan mengapa harus memilikinya. Tulisan ini memuat bagaimana gaya hidup hedonis diajarkan melalui iklan kepada para remaja dan mengapa hal ini layak dikritisi. Iklan yang menjadi obyek kajian yaitu Yamaha New Mio Blue Core 125. Analisis menunjukkan gaya hidup yang mengedepankan kesenangan dan mengutamakan materi ini direpresentasikan secara vulgar atau terang-terangan melalui gambar dan tulisan. Semua versi menonjolkan kepemilikan materi sebagai satu-satunya hal utama dalam hidup. Materi atau kekayaan ditampilkan sebagai kunci mengatasi semua masalah. Kepemilikan harta benda bahkan dapat mengalahkan kekayaan hati maupun intelektual. Pandangan tentang gaya hidup hedonis perlu dikritisi karena dapat membawa pengaruh terutama bagi perkembangan psikologis para remaja

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Erwin Kartinawati
Date Deposited: 23 Aug 2021 05:09
Last Modified: 20 Mar 2023 01:42
URI: https:///id/eprint/1003

Actions (login required)

View Item View Item