Pemanfaatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Guna Meningkatkan Hasil Penghimpunan Dana Organisasi Nirlaba Lembaga Amil Zakat (LAZ) Solo Peduli-Surakarta

Purwasito, Andrik and Kartinawati, Erwin (2020) Pemanfaatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Guna Meningkatkan Hasil Penghimpunan Dana Organisasi Nirlaba Lembaga Amil Zakat (LAZ) Solo Peduli-Surakarta. Abdimas BSI, 3 (1). pp. 1-11. ISSN 2614-6711

[img] Text
5566

Download (44kB)
[img] Text
5566 - Published Version

Download (44kB)
Official URL: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdim...

Abstract

Sebagai organisasi nirlaba, Yayasan Solo Peduli Ummat memunyai visi percontohan dalam memberdayakan dan memandirikan umat, dengan misi kemanusiaan, seperti menghadirkan program solutif untuk masyarakat miskin. Salah satu aksi organisasi ini adalah penghimpunan dana dari masyarakat, yang ditangani oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ). Dana terhimpun, digunakan untuk membantu masyarakat tertimpa musibah, seperti orang sakit, korban banjir, pengungsi bencana alam, pembangunan dan biaya sekolah gratis bagi masyarakat miskin, klinik kesehatan dan ambulans gratis, dan lain sebagainya. Di era milenial ini, LAZ Solo Peduli ingin melakukan transformasi digital agar target-target lembaga dapat tercapai secara optimal. Guna membantu tercapainya tujuan ini, kami melakukan pelatihan videografi dalam bentuk Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Pelatihan ini diarahkan untuk meningkatkan kompetensi para insan di Yayasan Solo Peduli, khususnya di LAZ, agar menguasai teknologi informasi dalam bentuk pembuatan dan penerbitan videografi, khususnya video untuk promosi dan penghimpunan dana dari masyarakat. Pelatihan ini memiliki output mencetak video-maker dalam bidang ILM, khususnya teoritisasi ILM, take camera, editing and uploading video. Metode pelatihan dilakukan beberapa tahap: (1) Tahap teoritisasi; (2) FGD gagasan pembuatan konten; (3) Penggunaan kamera dan pengambilan gambar; (4). Editing produk audio visual; (5). Evaluasi; (6). mengunggah video di media sosial. Hasilnya, para insan Solo Peduli mampu membuat ILM sendiri, sehingga memunyai kemampuan untuk mempromosikan lembaga sosial tersebut dengan standar digital memadai. Memunyai kemampuan membuat videografi untuk berbagai kepentingan, khususnya program penghimpunan dana yang memang dibutuhkan untuk disalurkan ke masyarakat membutuhkan, juga menjadi hasil dari kegiatan ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Solo Peduli; videografi; ILM; penghimpunan dana; Promos
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Erwin Kartinawati
Date Deposited: 23 Aug 2021 05:10
Last Modified: 23 Aug 2021 05:10
URI: https:///id/eprint/1005

Actions (login required)

View Item View Item