LESTARI, Sri Mukti and Purnomosidi, Faqih and Musslifah, Anniez Rachmawati (2021) Persepsi Siswa Terhadap Pelayanan Guru Bimbingan dan Konseling di MAN 3 Sragen. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
Sri Mukti Lestari_Cover_2015031009 - Mukti Al Afghani.pdf Download (892kB) |
|
Text
Sri Mukti Lestari_Abstrak_2015031009 - Mukti Al Afghani.pdf Download (196kB) |
|
Text
Sri Mukti Lestari_Bab I_2015031009 - Mukti Al Afghani.pdf Download (321kB) |
|
Text
Sri Mukti Lestari_Bab II_2019031009 - Mukti Al Afghani.pdf Download (331kB) |
|
Text
Sri Mukti Lestari_Bab III_2019031009 - Mukti Al Afghani.pdf Download (268kB) |
|
Text
Sri Mukti Lestari_Bab IV_2015031009 - Mukti Al Afghani.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) |
|
Text
Sri Mukti Lestari_Bab V_2015031009 - Mukti Al Afghani.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
Text
Sri Mukti Lestari_Daftar Pustaka_2015031009 - Mukti Al Afghani.pdf Download (312kB) |
Abstract
Bimbingan dan Konseling merupakan suatu pelayanan bantuan kepada individu maupun kelompok untuk mandiri dan dapat berkembang secara optimal. Minat siswa memanfaatkan layanan Bimbingan dan Konseling merupakan suatu bentuk perilaku, perilaku dapat muncul oleh berbagai pengaruh salah satunya adalah persepsi. Persepi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana persepsi siswa terhadap pelayanan guru Bimbingan dan Konseling di MAN 3 Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif, dan data disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengumpulan data dengan observassi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini berjumlah 6 orang yaitu 5 orang informan utama dan satu orang informan pendukung. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, persepsi siswa terhadap pelayanan guru BK di MAN 3 Sragen baik, sebanyak 60% siswa memiliki pengetahuan terkait Bimbingan dan Konseling serta peran seorang guru BK di sekolah, 60% siswa juga mempunyai pandangan mengenai pelayanan guru BK disekolah serta 65% siswa mempunyai pengalaman terkait pemanfaatan layanan guru BK. Sebanyak 60% siswa merasa tenang dan senang mendapatkan pelayanan guru BK, dan 53% mampu mengevaluasi bagaimana pelayanan guru BK yang selama ini mereka dapatkan. Sebanyak 80% siswa mempunya motivasi untuk melakukan konsultasi dengan guru BK, sedangkan 100% siswa juga mampu bersikap baik saat melakukan konsultasi, sedangkan 66% siswa mampu mengambil sikap yang sesuai dengan arahan dari guru BK dan menerapkanya dalam perilaku.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 04:33 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 02:33 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/1118 |
Actions (login required)
View Item |