Aplikasi Pengenalan Destinasi Wisata Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus Kabupaten Klaten)

SETIAWAN, Pungky Thosa and Susilo, Dahlan and Ruswanti, Diyah (2020) Aplikasi Pengenalan Destinasi Wisata Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus Kabupaten Klaten). Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (107kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)

Abstract

Pengenalan potensi wisata Kabupaten Klaten bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan ke masyarakat luar daerah bahwa di Kabupaten Klaten terdapat destinasi wisata yang patut dikunjungi selain tempatnya strategis, akses transportasi menuju ke lokasi juga sangat mudah serta harga-harga makanan dan minuman juga relatif masih murah, promosi wisata di Kabupaten Klaten belum ada yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Pengenalan potensi wisata Kabupaten Klaten tersebut memanfaatkan teknologi Augmented Reality supaya lebih memudahkan wisatawan yang baru pertamakali ke Klaten. Objek wisata yang diteliti adalah Umbul Ponggok, Pemancingan 100, Rumah Makan Apung Jombor dan Umbul Manten. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan penjejakan yang efektif. Kemudahan dalam penggunaan serta kemampuan dari augmented reality dalam menyajikan tampilan membuat teknologi ini mampu berkembang sangat pesat sehingga memungkinkan perkembangan teknologi ini di berbagai bidang. Tujuan tugas akhir ini adalah merancang dan membangun suatu aplikasi destinasi wisata berbasis augmented realitity. Penggabungan model 3D game engine Unity dengan extension Vuforia sehingga menjadi aplikasi AR yang dapat dijalankan pada device android yang bertujuan untuk mengenalkan tempat wisata dikabupaten Klaten menggunakan marker. Menggunakan metode waterfall sebagai landasan membuat aplikasi AR ini. penelitian ini menghasilkan aplikasi aplikasi destinasi wisata yang berbasis augmented reality (studi kasus Kabupaten Klaten). Aplikasi ini diharapkan mampu membantu peran dinas pariwisata dan stakeholder terkait dalam mengenalkan destinasi wisata melalui media yang berbasis android dan memiliki fitur kamera.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 16 Dec 2020 08:00
Last Modified: 01 Aug 2022 06:27
URI: https:///id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item