Motivasi Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Prayuwana Surakarta

Rifayani, Hastuti (2022) Motivasi Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Prayuwana Surakarta. [Research] (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian Motivasi Guru SLB Prayuwana Surakarta.pdf

Download (788kB)

Abstract

Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 5 ayat 1 yang menyebutkan bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang bermutu. Posisi guru dalam dunia pendidikan memegang peranan penting. Guru adalah faktor penentu keberhasilan dalam proses pendidikan yang berkualitas. Standard kompetensi yang harus dimiliki oleh guru SLB ternyata menjadikan pekerjaan sebagai guru SLB adalah sebuah profesi yang tidak mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran motivasi guru SLB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah 1 orang guru SLB yang telah bekerja lebih dari 5 tahun. Dari penelitian ini diperoleh gambaran motivasi guru SLB yang semula bersifat eksternal, dapat berubah menjadi bersifat internal, seiring dengan semakin mendalami dunia anak berkebutuhan khusus. Motivasi yang bersifat sosiogenetis juga muncul dalam bentuk ikatan emosional antara guru dengan siswa. Selain itu motivasi yang bersifat teleologis juga merupakan faktor penting, karena keyakinan terhadap takdir yang ditetapkan Tuhan membuatnya semakin termotivasi untuk menjadi guru SLB. Kata kunci: Guru SLB, Motivasi

Item Type: Research
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@usahidsolo.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:29
Last Modified: 14 Oct 2022 06:29
URI: https:///id/eprint/2450

Actions (login required)

View Item View Item