Kajian Pemasaran dengan Menggunakan Fasilitas On-line dan Konvensional Produk Mebel di PT. Nilas Wahana Antika Sukoharjo

NILAWATI, Priska Shintya and Nugroho, Waego Hadi and Koeswanti, Henny Dewi (2004) Kajian Pemasaran dengan Menggunakan Fasilitas On-line dan Konvensional Produk Mebel di PT. Nilas Wahana Antika Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Skripsi Hal. Awal.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Bab I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Bab II.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Skripsi Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, hal ini sangat besar pengaruhnya di segala bidang, khususnya di dunia bisnis. Komputer adalah salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi ini. Komputer dengan segala perangkatnya, dalam hal ini internet dan email, sangat membantu suatu perusahaan dalam menjalankan roda bisnisnya terutama di bidang pemasaran untuk mengantisipasi persaingan yang semakin ketat. PT. Nilas Wahana Antika, salah satu perusahaan mebel yang berkedudukan di Sukoharjo, Jawa Tengah, telah menerapkan dua metode pemasarannya untuk memasarkan produknya (antara lain kursi, buffet, meja, tempat tidur, nakas dan cermin). Dua metode pemasaran tersebut adalah : Pemasaran Konvensional : yaitu pelanggan datang ke perusahaan untuk melihat - lihat produk ataupun langsung bertransaksi jika pelanggan tertarik untuk membeli produk tersebut. Pemasaran on-line : yaitu dengan menggunakan fasilitas internet dan email untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. Kedua sistem pemasaran ini diterapkan oleh perusahaan untuk pasar ekspor kepada 9 perusahaan yang berlokasi, di Eropa, Amrika dan Asia. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah metode pemasaran secara on-line lebih efektif dibandingkan dengan metode pemasaran secara konvensional. Data dari penelitian ini diperoleh dari data sekunder perusahaan selama tahun 2003. Berdasarkan data-data yang dipunyai, analisa statisika yang sesuai adalah uji dua populasi berpasangan. Dari hasil analisa didapatkan hasil bahwa hanya pemasaran produk kursi secara on-line yang berbeda nyata dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional, sedangkan untuk produk-produk yang lain belum terlihat perbedaannya karena sampel yang dipakai untuk penelitian terlalu sedikit. Meskipun demikian jika dilihat dari segi biaya dan waktu, pemasaran secara on-line berpeluang lebih besar dibandingkan pemasaran secara konvensional untuk masa yang akan datang. Dari hasil penelitian ini, dapat diberikan saran-saran bagi perusahaan yaitu Membuat web-site tersendiri yang menarik, sehingga akan dapat menjaring calon pembeli dan lebih dari itu untuk mempertahankan pelanggan yang sudah dipunyai, disamping itu perusahaan diharapkan ikut bergabung dalam bulletin board, newsgroup dan lain-lain yang ada di internet untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru tentang trend mebel ataupun strategi-strategi pemasaran yang dapat memperkuat posisi bisnis perusahaan di era globalisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Administrasi Bisnis
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 11 Jul 2025 07:17
Last Modified: 11 Jul 2025 07:17
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3302

Actions (login required)

View Item View Item