Andi Prasetyo (2024) DESAIN GAME TENTANG SEJARAH WARAK NGENDOG SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK REMAJA. EC00202479665.
![]() |
Text
TA HaKI ANDI PRASETYO FINAL - andi prasetyo.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang penuh dengan kebudayaan derta kearifan lokal didalamnya, hal tersebut terbukti dengan adanya banyak tradisi yang ada di Indonesia. Namun hal tersebut tidak diikuti oleh masyarakatnya terutama remaja zaman sekarang yang kurang meminati budaya serta tradisi di negaranya sendiri. Fenomena tersebut sering dijumpai di kota kota besar di Indonesia, contohnya Semarang. Kota Semarang sendiri memiliki salah satu tradisi yang setiap tahunnya sering diadakan yakni tradisi dugderan. Tradisi ini diadakan untuk menyambut datangnya bulan ramadan dan biasanya di gelar H- 10 hari sebelum bulan ramadan. Dugderan juga memiliki maskot resmi yang sejak dulu telah ada selama perayaannya yakni Warak Ngendog. Dari data yang telah diambil serta survei dengan cara menggunakan kuesioner yang dibagikan secara daring, banyak dari remaja masa kini yang tidak mengetahui filosofi dari Warak Ngendog, serta kurangnya minat para remaja terhadap mata pelajaran muatan lokal serta sejarah. Oleh karena itu dari data serta survei yang dilakukan dibuatlah Game bertemakan sejarah tentang Warak Ngendog sebagai media edukasi untuk para remaja masa kini, yang bertujuan untuk meningkatkan minat para remaja tentang sejarah kebudayaan serta tradisi lokal di daerah masing-masing. Game tersebut nantinya akan berbentuk Visual Novel yang berupa prototyping, dengan teka-teki serta cerita sejarah mengenai Warak Ngendog.
Item Type: | Patent |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks |
Depositing User: | Yohana W |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 11:39 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 11:39 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3670 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |