MURYANI, Endang and Susilo, Dahlan and Al Haris, Firdhaus Hari Saputro (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengoperasikan Program Microsoft Word Melalui Penerapan Project Based Learning Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Colomadu Semester 1 Tahun Pelajaran 2015-2016. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
ABSTRAK.pdf Download (25kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (24kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (86kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
Abstract
Guru dalam memberikan pelajaran TIK masih dominan menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan guru aktif sedangkan siswa pasif, penerapan project based learning belum pernah dilakukan, sehingga prestasi belajar TIK rendah. Keterbatasan sarana komputer dan kurangnya penguasaan guru dalam menerapkan berbagai macam metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berdampak pada prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam meningkatkan kemampuan mengoperasikan program Microsoft Word pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Colomadu semester 1 Tahun Pelajaran 2015-2016. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan analisis kualitatif. Subyek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek) dapat meningkatkan prestasi dalam mengoperasikan program Microsoft Word pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Colomadu semester 1 Tahun Pelajaran 2015-2016, hal ini terbukti: 1). Sebelum dilaksanakan penelitian (Pra siklus) dari 32 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu metode ceramah sebagai salah satu metode pembelajaran kemudian siswa disuruh untuk praktik dalam mengoperasikan komputer pada program Microsof Word. Setelah diadakan evaluasi siswa yang mendapat nilai kategori baik ada 31%, kategori sedang atau 22% dan kategori rendah 47%. Siswa yang tuntas atau peningkatan prestasi belajar TIK pada pra siklus ada 53% sebab siswa yang mendapat nilai sedang ban baik itu nilainya sudah tuntas, karena nilainya sudah di atas KKM, sedangkan 47% belum meningkat. 2). Peningkatan prestasi belajar TIK dengan pembelajaran mengoperasikan program microsoft Word melalui penerapan project based learning pada siklus pertama yang telah dilaksanakan terdapat peningkatan prestasi belajar pada apabila dibandingkan dengan pra siklus, sebab siswa yang mendapat nilai rendah 31%, mendapat nilai sedang 25% dan mendapat nilai baik 44%, sehinggai siswa yang mendapat nilai di bawah KKM ada 31% dan yang sudah tuntas ada 69%. 3). Pelaksanaan penelitian siklus kedua dalam menerapkan metode pembelajaran mengoperasikan program microsoft Word melalui penerapan project based learning siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Colomadu siswa sudah mampu meningkatkan prestasi belajar karena siswa yang sudah tuntas KKM ada 87% dan yang belum tuntas 13% setelah mendapatkan bimbingan belajar pada siklus ke dua dan dievaluasi dari 32 siswa prestasi belajar TIK sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika |
Depositing User: | Agung Ferdiyanto Hapsah |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 06:37 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:20 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/371 |
Actions (login required)
View Item |