SHODIQ, Muh and Retnoningsih, Dwi and Charolina, Astri (2016) Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode Diskusi Sebagai Upaya Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran TIK di MAN 2 Boyolali. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (14kB) |
|
Text
BAb I .pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB II .pdf Download (348kB) |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
|
Text
BAB V .pdf Download (155kB) |
|
Text
Daftar Pustaka .pdf Download (10kB) |
Abstract
Motivasi belajar siswa rendah yang berakibat langsung pada prestasi belajar siswa yang rendah. Metode diskusi merupakan salah satu metode pembelajaran yang berusaha secara maksimal untuk meningkatkan prestasi belajar terutama pada pelajaran TIK di MAN 2 Boyolali. Penggunaan metode diskusi menjadi salah satu alternatif yang dipandang tepat untuk diterapkan dalam Pelajaran TIK di kelas XII IPA 1 MAN 2 Boyolali. Dengan metode diskusi diharapkan (1) ada kerjasama antara siswa yang pandai, sedang, dan kurang, (2) semua peserta didik aktif dalam pembelajaran di kelas untuk mengerjakan tugas, dan (3) peserta didik yang satu dengan yang lainnya saling bekerjasama untuk memperoleh hasil yang maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui,dengan penerapan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran TIK pada siswa kelas XII IPA 1 di MAN 2 Boyolali semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan (action research), terdiridari 2 (dua) siklus.Subyek penelitian berjumlah 24 siswa yaitu siswa kelas XII IPA 1 di MAN 2 Boyolali semester genap tahun pelajaran 2015/2016.Teknik pengumpulan data, prestasi belajar siswa menggunakan tes dan keaktifan siswa menggunakan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan adanya peningkatan kemampuan siswa.Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya prestasi siswa. Bukti kuantitatif menunjukkan : Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal 70, naik menjadi 75 pada siklus I (Pertama), dan menjadi 85 pada siklus II (Kedua).Ketuntasan klasikal, pada kondisi awal nilai siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal 10 siswa (42%), naik menjadi 18 siswa (75%) pada siklus I (Pertama), dan menjadi 24 siswa (100%) pada siklus II (Kedua). Bukti kualitatif keaktifan belajar siswa menunjukkan pada pra siklus sebesar 21% kemudian pada siklus 1 (pertama) naik sebesar 38% dan selanjutnya pada siklus 2 (kedua) meningkatkan sebesar 50%. Jadi dengan menerapkan metode diskusi terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran TIK pada siswa kelas XII IPA 1 MAN 2 Boyolali.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika |
Depositing User: | Agung Ferdiyanto Hapsah |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 06:46 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:33 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/385 |
Actions (login required)
View Item |