Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar KKPI Materi Cisco Packet Tracer di Kelas XII AK A SMK Negeri 3 Sukoharjo

WALUYO, Waluyo and Susilo, Dahlan and Al Haris, Firdhaus Hari Saputro (2016) Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar KKPI Materi Cisco Packet Tracer di Kelas XII AK A SMK Negeri 3 Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (96kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB_2.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB_3.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)

Abstract

Siswa kelas XII AK A SMK Negeri 3 Sukoharjo mengalami kesulitan dalam pelajaran KKPI, khususnya dalam hal pemahaman terhadap pengenalan jaringan, sehingga motivasi belajar berkurang. Metode Jigsaw ini dapat meningkatkan hasil belajar KKPI materi Cisco Packet Tracer, sehingga pendekatan tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran yang efektif di Kelas XII AK A SMK Negeri 3 Sukoharjo. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar KKPI Materi Cisco Packet Tracer di Kelas XII AK A SMK Negeri 3 Sukoharjo. Hasil dari penelitian ini adalah : Pada masa Pra Siklus nilai rata-rata adalah 58,3. Siswa yang mempunyai nilai di bawah KKM (< 70) sebanyak 22 siswa atau 61,11% dan yang mencapai KKM (> 70) sebanyak 14 siswa atau 38,89%. Pada siklus I, siswa yang memenuhi KKM sebanyak 25 siswa atau 69,44% sedangkan 11 siswa atau 30,56% tidak dapat memenuhi KKM. Rata-rata yang dicapai adalah 69,97 masih di bawah indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu rata-rata 70. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 76,31 melebihi rata-rata 70. Siswa yang telah mencapai KKM yaitu mendapatkan nilai > 70 sebanyak 29 siswa atau 80,56%, sedangkan 7 siswa lainnya atau sebesar 19,44% tidak tuntas dalam pembelajaran karena nilainya di bawah 70. Sehingga pada siklus II perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Agung Ferdiyanto Hapsah
Date Deposited: 25 Mar 2021 07:06
Last Modified: 02 Aug 2022 03:34
URI: https:///id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item