Aplikasi Pembelajaran Metamorfosis Hewan Berbasis Augmented Reality

ADNAN, Brian Hafiz and Susilo, Dahlan and Al Haris, Firdhaus Hari Saputro (2017) Aplikasi Pembelajaran Metamorfosis Hewan Berbasis Augmented Reality. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
BRIAN PANDIET NUGROHO_1_COVER-ABSTRAK.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BRIAN PANDIET NUGROHO_2_BAB_I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BRIAN PANDIET NUGROHO_3_BAB_II.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BRIAN PANDIET NUGROHO_4_BAB_III.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BRIAN PANDIET NUGROHO_5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BRIAN PANDIET NUGROHO_6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
BRIAN PANDIET NUGROHO_7_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (991kB)

Abstract

Aplikasi pembelajaran metamorfosis hewan ini dapat memudahkan siswasiswi dalam belajar proses metamorfosis hewan sempurna dan metamorfosis hewan tidak sempurna dengan Augmented Reality. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi pembelajaran metamofosis hewan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, studi pustaka dan dokumentasi, sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) serta metode pengujian menggunakan black-box. Aplikasi ini menampilkan objek 3 dimensi metamorfosis hewan dari marker pada buku metamorfosis hewan yang terdeteksi oleh kamera smartphone. Pembangunan aplikasi ini dibuat menggunakan software Blender untuk pembuatan objek 3D, Unity3D untuk membuat augmented reality, Photoshop dan CorelDraw untuk membuat desain layout, marker dan buku metamorfosis hewan. Aplikasi telah diuji dengan 3 pengujian yaitu pengujian black-box, pengujian device dan pengujian pengguna. Hasil dari pengujian black-box pada aplikasi ini berjalan sesuai dengan fungsinya dan tidak terdapat error. Hasil pengujian device menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik di smartphone android dengan RAM minimal 2GB. Hasil pengujian pengguna dengan responden sebanyak 26 responden, sebanyak 85% menyatakan aplikasi baik hingga sangat baik. Hasil pengujian black-box, pengujian device dan pengujian pengguna menyatakan aplikasi lancar, tidak ada error dan responden menyatakan bahwa aplikasi yang dibuat sesuai dengan tujuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Agung Ferdiyanto Hapsah
Date Deposited: 26 Mar 2021 01:37
Last Modified: 02 Aug 2022 01:52
URI: https:///id/eprint/414

Actions (login required)

View Item View Item