Membuat Game Petualangan Sejarah Pangeran Jawa Berbasis Unity 3D

SRIYADI, Akbar Muhammad and Al Haris, Firdhaus Hari Saputro and Hernanjaya, Arif Nugraha (2018) Membuat Game Petualangan Sejarah Pangeran Jawa Berbasis Unity 3D. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
AKBAR MUHAMMAD SRIYADI_1_COVER-DAFTAR_TABEL.pdf

Download (370kB)
[img] Text
AKBAR MUHAMMAD SRIYADI_2_BAB_I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
AKBAR MUHAMMAD SRIYADI_3_BAB_II.pdf

Download (623kB)
[img] Text
AKBAR MUHAMMAD SRIYADI_4_BAB_III.pdf

Download (935kB)
[img] Text
AKBAR MUHAMMAD SRIYADI_5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
AKBAR MUHAMMAD SRIYADI_6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
AKBAR MUHAMMAD SRIYADI_7_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemerdekaan Indonesia tidak luput dari para pahlawan dan para pejuang di masa lalu, salah satu pahlawan di Pulau Jawa adalah Pangeran. Diponegoro Pangeran Diponegoro memiliki dampak pengaruh besar pada saat terjadinya perang Jawa, tetapi cerita seperti ini hanya dapat didapatkan dari membaca buku sejarah saja. Sebuah berita menyebutkan minat membaca dikalangan anak rendah, mereka lebih tertarik untuk bermain game, oleh sebab itu menurunnya minat anak terhadap membaca tentang sejarah dan budaya dapat digunakan sebagai bahan penelitian untuk membuat sebuah game dengan menggunakan cerita sejarah. Metode penelitian menggunakan metode waterfall. Penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu : tahap pengumpulan data, tahap pengumpulan asset scene movie, tahap pengumpulan asset game, dan game engine. Pembuatan game menggunakan game engine Unity 3D dan menggunakan bahasa C# sebagai bahasa pemrogramannya. Pengujian dilakukan dengan menggunakan pengujian alpha beta, dari hasil pengujian alpha dapat disimpulkan game telah berhasil di implementasikan, dan dari hasil pengujian beta dapat disimpulkan bahwa dari segi sistem permainan, animasi, audio graphic dan budaya lebih dari 70% menjawab baik. Aplikasi game ini dibuat dengan tujuan untuk menarik minat baca anak remaja tentang sejarah dan budaya dengan menggunakan sebuah game sebagai medianyaa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Agung Ferdiyanto Hapsah
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:15
Last Modified: 01 Aug 2022 08:29
URI: https:///id/eprint/442

Actions (login required)

View Item View Item