Peningkatan Keterampilan Fotografi Kamera DSLR Menggunakan Metode Drill dengan Pendekatan Scientific pada Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital Siswa Kelas XI Multimedia SMK Negeri 3 Bojonegoro

RAHARJO, Sugeng and Susilo, Dahlan and Al Haris, Firdhaus Hari Saputro (2019) Peningkatan Keterampilan Fotografi Kamera DSLR Menggunakan Metode Drill dengan Pendekatan Scientific pada Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital Siswa Kelas XI Multimedia SMK Negeri 3 Bojonegoro. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (200kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I Rev.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II Rev.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB III Rev.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB IV Rev.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
BAB V Rev.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)

Abstract

Kegiatan Belajar Mengajar di SMK Negeri 3 Bojonegoro Kompetensi Keahlian Multimedia untuk mata pelajaran Komposisi Foto Digital mempunyai beberapa permasalahan diantaranya hasil belajar siswa yang mengikuti Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital masih kurang memuaskan karena memiliki kendala khususnya dalam materi keterampilan fotografi kamera DSLR. Selain hal itu dalam pembelajaran mata pelajaran Komposisi Foto Digital siswa merasa jenuh dan bosan dengan metode yang digunakan guru yang kurang kreatif saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran drill (latihan siap) dengan pendekatan scientific dalam meningkatkan keterampilan fotografi kamera DSLR pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital siswa kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 3 Bojonegoro serta untuk mengetahui tanggapan siswa kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 3 Bojonegoro terhadap penerapan metode pembelajaran drill (latihan siap) dengan pendekatan scientific pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik di kelas kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 3 Bojonegoro Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019 yang berjumlah 29 siswa. Penelitan ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap pertemuan dilakukan pengamatan keterampilan fotografi kamera DSLR siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunaan lembar observasi keterampilan fotografi kamera DSLR, angket, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keterampilan fotografi kamera DSLR pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital siswa kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 3 Bojonegoro dapat ditingkatkan dengan penerapan metode pembelajaran drill (latihan siap) dengan pendekatan scientific. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan keterampilan fotografi kamera DSLR siswa pada setiap siklusnya, pada Pra Tindakan skor rata-rata keterampilan fotografi kamera DSLR adalah sebesar 14,90, pada Siklus I pertemuan pertama meningkat 3,33% menjadi 15,90 kemudian meningkat 8,39% menjadi 18,41 pada Siklus I pertemuan kedua. Pada Siklus II pertemuan pertama skor rata-rata keterampilan fotografi kamera DSLR siswa mengalami peningkatan 11,84% menjadi 21,97, dan pada Siklus II pertemuan kedua skor rata-rata keterampilan fotografi kamera DSLR siswa meningkat 9,98% menjadi 24,69. Tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran drill (latihan siap) denga pendekatan scientific pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital di kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 3 Bojonegoro menunjukkan tanggapan yang positif yang ditunjukkan dengan presentase skor angket respon siswa sebesar 81,86%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TR Photography
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Fahmi Yufrizal Yusuf
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:35
Last Modified: 17 Jul 2024 08:15
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item