Pengembangan Aplikasi Mobile Senjata Tradisional Pulau Sulawesi untuk Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality

ANNISA, Windy Marina Kemala and Khusnuliawati, Hardika and Al Haris, Firdhaus Hari Saputro (2019) Pengembangan Aplikasi Mobile Senjata Tradisional Pulau Sulawesi untuk Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
WINDY MARINA K A_1_COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
WINDY MARINA K A_1A_ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text
WINDY MARINA K A_2_BAB_I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
WINDY MARINA K A_3_BAB_II.pdf

Download (435kB)
[img] Text
WINDY MARINA K A_4_BAB_IIII.pdf

Download (616kB)
[img] Text
WINDY MARINA K A_5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
WINDY MARINA K A_6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
WINDY MARINA K A_7_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada sekolah dasar terdapat mata pelajaran yang mempelajari tentang kebudayaan tradisi di Indonesia dari berbagai suku dan adat misalnya tentang baju adat, rumah adat, senjata, tarian, alat musik tradisional dan lainnya. Salah satu sekolah dasar yang dijadikan penelitan ini adalah SDN 03 Bejen. Di Indonesia banyak terdapat bermacam-macam senjata tradisional yaitu 33 jenis senjata tradisional. Seringkali para guru menjelaskan macam-macam senjata tradisional hanya sebatas gambar dan namanya saja, hal tersebut yang membuat siswa susah memahami materi. Agar pembelajaran menarik dan mempermudah siswa memahami materi, maka perlu adanya suatu inovasi pembelajaran yang lebih menarik lagi. Oleh karena itu, untuk menarik minat anak sekolah dasar dalam memahami materi kebudayaan di Indonesia khususnya senjata tradisional diperlukan teknologi augmented reality, anak-anak dapat melihat objek-objek 3D senjata tradisional yang terdapat di Indonesia sehingga mereka mendapatkan informasi yang lebih nyata dari object yang dipelajari. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, studi pustaka dan dokumentasi sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pembuatan aplikasi ini menggunakan berbagai software yaitu 3ds Max untuk pembuatan objek 3 dimensi, Unity3D untuk membuat augmented reality dan CorelDraw untuk membuat desain interface, marker dan katalog. Hasil pengujian blackbox menunjukkan aplikasi dapat berhasil dijalankan pada smartphone android. Hasil pengujian device android menunjukkan aplikasi telah compatible di semua smartphone dengan RAM minimal 1GB. Hasil pengujian pengguna pada 30 responden, dimana respon sebanyak 97% menyatakan baik hingga sangat baik sehingga aplikasi yang dibuat sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Fahmi Yufrizal Yusuf
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:43
Last Modified: 01 Aug 2022 06:51
URI: https:///id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item