Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pengguna BPJS Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Pajang Kota Surakarta

INDRIYANTO, Indriyanto and Arumawati, Dhani Setya and Putra, Fajar Alam (2018) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pengguna BPJS Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Pajang Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB_2.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB_3.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (19kB)

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan. Jika suatu instansi kesehatan salah satunya Puskesmas akan melakukan upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan, pengukuran tingkat kepuasan pasien harus dilakukan. studi pendahuluan melalui wawancara diketahui bahwa 1 orang merasa nyaman karena dia memiliki kartu BPJS dengan pelayanan BPJS kelas satu, dan lainnya sebanyak 2 orang merasa kurang puas karena menunggu antrian yang lama. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pengguna BPJS Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Pajang Kota Surakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional dengan rancangan cross sectional. Sampel sebanyak 97 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis chi-square (X2). Hasil: 1) Sebagian besar responden menilai bahwa mutu pelayanan kesehatan di wilayah Kerja Puskesmas Pajang tergolong baik yaitu sebanyak 63 orang (64,9%); 2) Kepuasan pengguna BPJS Kesehatan di wilayah Kerja Puskesmas Pajang tergolong tinggi yaitu sebanyak 65 orang (67,0%); dan 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pengguna BPJS Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Pajang Surakarta (2hit = 57,413; p-value = 0,000). Kesimpulan: Ada hubungan yang positif dan signifikan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pengguna BPJS Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Pajang Surakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Anastasia Sekar Arum
Date Deposited: 29 Mar 2021 01:22
Last Modified: 01 Aug 2022 07:56
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/569

Actions (login required)

View Item View Item