Pembuatan Aplikasi Informasi Wisata di Sanana Maluku Utara Berbasis Android

NUGROHO, Wahyu and Anwariningsih, Sri Huning and Khusnuliawati, Hardika (2021) Pembuatan Aplikasi Informasi Wisata di Sanana Maluku Utara Berbasis Android. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Wahyu Nugroho_cover-abstrak_2016061028.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Wahyu Nugroho_Bab I_2016061928.pdf - Abang Kece.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Wahyu Nugroho_Bab II_2016061028.pdf - Abang Kece.pdf

Download (652kB)
[img] Text
Wahyu Nugroho_Bab III_2016061028.pdf - Abang Kece.pdf

Download (938kB)
[img] Text
Wahyu Nugroho_Bab IV_2016061028.pdf - Abang Kece.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
Wahyu Nugroho_Bab V_2016061028.pdf - Abang Kece.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)

Abstract

Sanana adalah ibu kota dari Kabupaten Kepulauan Sula di Maluku Utara, Indonesia. Kota ini adalah hasil pemekaran wilayah yang berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2003. Sanana memiliki banyak objek wisata ditunjang dengan sejumlah objek wisata, baik wisata alam maupun wisata sejarah. Objek wisata alam antara lain Pulau Kucing dan Pantai Waka. Sedangkan untuk objek wisata sejarah antara lain meliputi Benteng Alting/Dever Watching peninggalan bangsa Portugis. Objek wisata di Sanana tersebut tidak banyak yang diketahui oleh masyarakat umum, kurangnya informasi mengenai referensi daerah wisata di Sanana dan sedikitnya promosi itulah yang menyebabkan beberapa objek wisata di Sanana masih sepi akan pengunjung. Maka dari itu perlu dibuat media promosi agar masyarakat dapat mengetahui tempat wisata dan kebudayaan apa saja yang ada di Sanana, salah satunya dengan pembuatan aplikasi informasi wisata di Sanana Maluku Utara. Untuk kemudahan dan kepraktisan penggunaan aplikasi ini, ditambah dengan maraknya penggunaan smartphone khususnya yang berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi informasi wisata di Sanana Maluku Utara berbasis android yang berguna sebagai media informasi untuk para calon pengunjung wisata di Sanana. Penelitian ini menggunakan metode waterfall sebagai metode pengembangan sistem, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuesioner. Analisis dan perancangan menggunakan Unified Modeling Language (UML), sedangkan pengujian menggunakan metode Five View. Pembuatan aplikasi wiasata informasi di Sanana Maluku Utara dibuat dengan andoid studio versi 4.1, didesain menggunakan css, dan java script. Aktor yang berperan dalam aplikasi ini adalah wisatawan. Hasil pengujian sistem five view adalah penggunaan aplikasi (User View) secara tampilan tidak ada masalah, tapi ada beberapa hal yang menjadi catatan, yaitu seperti informasi wisata ditambah. Proses pembuatan (Manufacturing View) aplikasi sangat mudah digunakan dan dipahami oleh user. Pandangan developer (Transcendental View pada desain aplikasinya terdapat logo yang menunjukan ciri khas dari pulau sanana, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengenali aplikasi. Pandangan ekonomi (Value-based View) aplikasi ini mudah dipahami dan tedapat berbagai macam list pilihan wisata yang membantu wisatawan dalam memilih tempat wisata. (Product View) produk segi kualitas yang memiliki sifat internal dan eksternal sudah bagus dan dapat menjangkau masyarakat umum atau para wisatawan tidak hanya dari Pulau Sanana saja tetapi dari luar Sanana pun dapat mengaksesnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 31 Mar 2021 03:20
Last Modified: 01 Aug 2022 02:42
URI: https:///id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item