Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Pola Asuh Orang Tua dalam Merawat Anak Tunagrahita di SDLB Negeri Boyolali

KURNIASIH, Hesti and Setiyajati, Ari and Astuti, Fitri Budi (2016) Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Pola Asuh Orang Tua dalam Merawat Anak Tunagrahita di SDLB Negeri Boyolali. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)

Abstract

Latar Belakang: Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan baik fisik, mental, intelektual, sosial, maupun emosional yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain yang seusia dengannya. Salah satu kelompok anak berkebutuhan khusus adalah anak tunagrahita. Anak tunagrahita memiliki tingkat kecerdasan di bawah 70 yang disertai dengan keterbatasan yang penting dalam area fungsi adaptif, seperti: keterampilan komunikasi, perawatan diri, tinggal di rumah, keterampilan interpersonal atau sosial, penggunaan sumber masyarakat, penunjukan diri, keterampilan akademik, pekerjaan, waktu senggang, dan kesehatan serta keamanan. Tujuan Penelitian: Untukmenganalisa hubungan tingkat pengetahuan dengan pola asuh orang tua dalam merawat anak tunagrahita di SDLB Negeri Boyolali. Metode: Jenis penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan crosssectional. Populasi penelitian adalah orang tua yang mempunyai anak tunagrahita di SDLB Negeri Boyolali sebanyak 32 orang tua murid. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan tabel distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan Chi Square. Hasil Penelitian: Sebagian besar tingka tpengetahuan orang tua tentang tunagrahita termasuk kategori cukup yaitu sebesar 18 orang (56,2%).Sebagian besar pola asuh orang tua dalam merawat anak tunagrahita termasuk pola asuha utoritatif yaitu 20 orang (62,5%).Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pengetahuan dengan pola asuh orang tua dalam merawat anak tunagrahita, dibuktikan diperolehnya nilai signifikan sisebesar 0,000. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pengetahuan dengan pola asuh orang tua dalam merawat anak tunagrahita di SDLB NegeriBoyolali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Anastasia Sekar Arum
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:35
Last Modified: 02 Aug 2022 03:07
URI: https:///id/eprint/687

Actions (login required)

View Item View Item