Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca pada Anak Kelompok B di TK Karang Indriya Karangasem

ASMAWATI, Ira and Haris, Rif Atiningyas and Murtutik, Lilis (2016) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca pada Anak Kelompok B di TK Karang Indriya Karangasem. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)

Abstract

Latar Belakang: Anak-anak yang mendapatkan pelajaran membaca sejak usia dini umumnya akan lebih maju disekolah. Jadi pengembangan kemampuan membaca dan menulis di TK dapat dilaksanakan selama masih dalam batas-batas aturan dan sesuai dengan karakteritik anak, yakni belajar sambil bermain dan sambil belajar. Tujuan: Untuk Mengetahui Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Pada Anak Kelompok B Di Tk Karang Indriya Karangasem. Metode: Penelitian ini merupakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan di TK Karang Indriya Karangasem. Populasi berjumlah 32 orang menggunakan sampel jenis (total sampling). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data melalui analisa univariat, analisa bivariat, dan analisa multivariate (Anava) Hasil: 1) motivasi membaca anak dalam kategori kurang 8 orang (25,0%), dalam kategori cukup 11 orang (34,4%), dan dalam kategori baik 13 orang (40,6%). 2) Tingkat lingkungan keluarga dalam kategori kurang 6 orang (18,8%), dalam kategori cukup 13 orang (40,6%), dan dalam kategori baik 13 orang (40,6%). 3) Tingkat bahan bacaan dalam kategori kurang 4 orang (12,5%), dalam kategori cukup 9 orang (28,1%), dan dalam kategori baik 19 orang (59,4%). 4) Kemampuan membaca dalam kategori kurang 5 orang (15,6%), dalam kategori cukup 9 orang (28,1%), dan dalam kategori baik 18 orang (56,3%). 5) Analisis Anava diperoleh nilai Fhitung variabel bahan bacaan sebesar 3,715 dan p-value 0,037, variabel lingkungan sebesar 4,334 dan p-value 0,023, variabel motivasi membaca sebesar 3,377 dan p-value 0,048. 6) Pada uji t motivasi membaca terhadap kemampuan membaca sebesar 2.542 dengan p-value 0,048 berarti ada pengaruh motivasi membaca terhadap kemampuan membaca. 7) Pada uji t lingkungan keluarga terhadap kemampuan membaca sebesar 2.439 dengan p-value 0,023 berarti ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemampuan membaca. 8) Pada uji t bahan bacaan terhadap kemampuan membaca sebesar 2.466 dengan p-value 0,037 berarti ada pengaruh bahan bacaan terhadap kemampuan membaca. 9) Dilihat dari uji anava bahwa nilai Fhitung variabel bahan bacaan sebesar 3,715 dan p-value 0,037 sehingga ada pengaruh bahan bacaan terhadap kemampuan membaca. Nilai Fhitung variabel lingkungan sebesar 4,334 dan p-value 0,023 sehingga ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemampuan membaca. Nilai Fhitung variabel motivasi membaca sebesar 3,377 dan pvalue 0,048 sehingga ada pengaruh motivasi membaca terhadap kemampuan membaca. Simpulan: ada hubungan antara motivasi, lingkungan keluarga dan bahan bacaan terhadap kemampuan membaca pada anak kelompok B.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Anastasia Sekar Arum
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:37
Last Modified: 02 Aug 2022 02:53
URI: https:///id/eprint/693

Actions (login required)

View Item View Item