Gambaran Model Pembelajaran Keperawatan Maternitas di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta

NINGTYAS, Restia Ayu and Suwarni, Anik and Herawati, Vitri Dyah (2017) Gambaran Model Pembelajaran Keperawatan Maternitas di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)

Abstract

Latar Belakang: Pembelajaran keperawatan maternitas sebagai bagian penting dari proses pendidikan yang kompleks dan harus terintegrasi dalam seluruh program pendidikan yang mengacu pada kurikulum, khususnya pencapaian kompetensi bagi peserta didik. Banyak hambatan yang ditemukan pada saat pelaksanaan program pembelajaran keperawatan maternitas, seperti tidak semua dosen melakukan pre dan post tes saat proses pembelajaran berlangsung, dan menugaskan kepada mahasiswa untuk membuat laporan setelah selesai pembelajaran. Tujuan: Mengetahui gambaran model pembelajaran keperawatan maternitas di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta. Metode Penelitian: Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini empat mahasiswa yang pernah dan sedang mendapatkan pembelajaran maternitas dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan lembar pedoman wawancara. Alat analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil: Pelaksanaan pembelajaran dalam strategi pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik, namun tidak semua pelaksanaan pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan dan metode pembelajaran yang digunakan paling sering metode demonstrasi, sedangkan untuk simulasi, role play dan diskusi masih jarang dilakukan; (2) Dalam pelaksanaan keperawatan maternitas ditemukan beberapa kendala yaitu motivasi dan keaktifan mahasiswa kurang, tenaga pengajar yang kurang, waktu yang terbatas dan sarana peralatan keperawatan maternitas yang kurang lengkap/memadai serta lingkungan yang kurang kondusif. Kesimpulan: Model pembelajaran keperawatan maternitas di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta sesuai dengan perencanaan, kemudian dilaksanakan, dievaluasi serta dalam pelaksanaannya ditemukan beberapa kendala.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Agung Ferdiyanto Hapsah
Date Deposited: 29 Mar 2021 08:30
Last Modified: 02 Aug 2022 02:19
URI: https:///id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item