WAHYUNINGTYAS, Violita and Purnomosidi, Faqih and Herawati, Vitri Dyah (2017) Hubungan antara Pola Asuh Tua yang Bekerja dengan Perkembangan Sosialisasi Anak di TK Mutiara Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (101kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (111kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (105kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
Abstract
Latar Belakang: Masa kanak-kanak merupakan masa paling awal dalam rentang kehidupan yang akan menentukan perkembangan anak pada tahap berikutnya. Pembentukan kepribadian anak diperoleh melalui proses sosialisasi di dalam keluarga yang berlangsung dalam bentuk interaksi antara anggota keluarga, dimana perlakuan orang tua terhadap anak memberikan pondasi bagi perkembangan anak. Hasil studi pendahuluan diperoleh gambaran masih adanya siswa yang mengalami hambatan dalam bersosialisasi misalnya anak masih malu-malu untuk bergabung dengan temantemannya, anak masih minta ditunggu orang tuanya dan menangis saat ditinggal orang tuanya, anak aktif saat di sekolah, dan anak menjadi pendiam di kelas. Tujuan Penelitian: untuk menganalsis hubungan antara pola asuh orang tua yang bekerja dengan perkembangan sosialisasi anak di TK Mutiara. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah 26 anak TK Mutiara Surakarta. Sampel penelitian adalah 26 anak TK Mutiara Surakarta yang diperoleh dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner dan lembar observasi VSMS. Analisis data menggunakan uji rank spearman. Hasil penelitian: Hasil uji korelasi rank spearman diperoleh nilai korelasi sebesar 0,724 (p-value = 0,000), maka keputusan uji adalah H0 ditolak. Simpulan: pola asuh orang tua pada anak di TK Mutiara Surakarta sebagian besar adalah demokratis, perkembangan sosialisasi anak pada anak di TK Mutiara Surakarta sebagian besar adalah rata-rata, dan terdapat hubungan pola asuh orang dengan perkembangan sosialisasi pada anak di TK Mutiara Surakarta.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | Fahmi Yufrizal Yusuf |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 03:00 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 02:47 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/783 |
Actions (login required)
View Item |