Pengenalan Hewan di Taman Satwa Taru Jurug Surakarta dengan Augmented Reality (AR) Berbasis Android

PUTRA, Navala Adila and Susilo, Dahlan and Charolina, Astri (2021) Pengenalan Hewan di Taman Satwa Taru Jurug Surakarta dengan Augmented Reality (AR) Berbasis Android. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (352kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Navala Adila Putra_Bab I_2016062002 - vavaputra skripsi.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Navala Adila Putra_Bab II_2016062002 - vavaputra skripsi.pdf

Download (373kB)
[img] Text
Navala Adila Putra_Bab III_2016062002 - vavaputra skripsi.pdf

Download (969kB)
[img] Text
Navala Adila Putra_Bab IV_2016062002 - vavaputra skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
Navala Adila Putra_Bab V_2016062002 - vavaputra skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB)

Abstract

Penggunaan teknologi informasi dimana alat–alat teknologi digital dilahirkan. Lahirnya penemuan–penemuan teknologi adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai inovasi di dunia teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terutama kebutuhan informasi dan hiburan. Salah satu penemuan yang paling dikenal adalah munculnya teknologi Augmented Reality. Masyarakat kurang paham tentang kondisi dan berita mengenai Taman Satwa Taru Jurug dikarenakan kurangnya media publikasi dan diskusi mengenai taman satwa ini. Kurangnya media publikasi dan daya tarik dari taman wisata ini dinilai menjadi salah satu penyebab menurunnya jumlah pengunjung. Tujuan dari penelitian adalah merancang dan membuat aplikasi pengenalan hewan menggunakan Augmented Reality agar mudah digunakan dan diaplikasikan dengan baik, sehingga mempunyai nilai daya tarik tinggi bagi wisatawan, masyarakat, terutama anak–anak. Sebagai langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode terakhir literatur/pustaka. Baru setelah itu dilakukan pembuatan aplikasi ini sesuai dengan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil pengujian yang melalui pengujian blackbox, didapatkan hasil bahwa semua tampilan menu dan hasil tampilan scan telah berfungsi secara utuh. Aplikasi Augmented Reality ada beberapa fitur antara lain menampilkan sejarah TSTJ, model 3D hewan sebanyak 25 satwa, suara hewan, dan informasi umum. Secara keseluruhan Aplikasi Augmented Reality Taman Satwa Taru Jurug Surakarta memiliki penilaian dengan predikat “Sangat Puas”, karena dari hasil kuesioner yang disebar lebih dari 75% responden memberikan penilaian sangat puas terhadap aplikasi ini. Untuk lebih memajukan dan mengenalkan Taman Satwa Jurug Surakarta ke masyarakat daerah maupun luar daerah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 20 May 2021 03:08
Last Modified: 01 Aug 2022 03:01
URI: https:///id/eprint/905

Actions (login required)

View Item View Item