Pengaruh Mutu Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Ngemplak Boyolali

BASTIYAN, Rendy and Suwarni, Anik and Herawati, Vitri Dyah (2021) Pengaruh Mutu Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Ngemplak Boyolali. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Rendy Bastiyan_COVER_2014123005 - Arya Tiopan.pdf

Download (849kB)
[img] Text
Rendy Bastiyan_ABSTRAK_2014123005 - Arya Tiopan.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Rendy Bastiyan_Bab I_2014123005 - Arya Tiopan - Arya Tiopan.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Rendy Bastiyan_Bab II_2014123005 - Arya Tiopan - Arya Tiopan.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Rendy Bastiyan_Bab III_2014123005 - - Arya Tiopan.pdf

Download (339kB)
[img] Text
Rendy Bastiyan_Bab IV_2014123005 - Arya Tiopan - Arya Tiopan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
Rendy Bastiyan_Bab V_2014123005 - Arya Tiopan - Arya Tiopan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)

Abstract

Latar Belakang : Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) harus memberikan pelayanan yang memuaskan dan dapat meningkatkan mutu pelayanan bagi pasien/pelanggan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan, manajemen Puskesmas dengan melakukan survey terhadap indeks kepuasan masyarakat agar dapat menjadi bahan evaluasi. Tujuan dari penelitian: Untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan keperwatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Ngemplak Boyolali. Metode Penelitian : Jenis penelitian yang di gunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Tehnik pengambilan sample yang digunakan tehnik accidental sampling dan diperoleh sampel sebanyak 79 responden. Tempat penelitian di Puskesmas Ngemplak Boyolali. Pengumpulan data yaitu kuesioner. Teknik analisa data yaitu uji normalitas dan uji regresi linier sederhana. Hasil Penelitian : Menunjukkan: 1) Hasil penelitian tentang mutu pelayanan keperawatan sebagian besar kategori cukup sebanyak 65 responden (82,3%, dan kategori baik sebesar 14 responden (17,7%) serta kategori kurang tidak terdapat dalam penelitian ini; 2) Hasil penelitian yang dilakukan pada pasien rawat jalan mayoritas kategori sedang sebanyak 71 responden (89,9%) dan paling sedikit kepuasan kategori kurang hanya 2 responden (2,5%); dan 3) Hasil analisis uji regresi linier sederhana diperoleh nilai p value 0,043, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien. Simpulan : Mutu pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Ngemplak Boyolali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 16 Aug 2021 02:32
Last Modified: 01 Aug 2022 02:05
URI: https:///id/eprint/963

Actions (login required)

View Item View Item