Penyesuaian Diri Guru dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 03 Sukoharjo Tahun 2020/2021

SAMBORA, Muhammad Dovy and Ernawati, Sri and Purnomosidi, Faqih (2021) Penyesuaian Diri Guru dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 03 Sukoharjo Tahun 2020/2021. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
MUHAMMAD DOVY SAMBORA_Cover_2016033005 - Sambora D.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MUHAMMAD DOVY SAMBORA_Abstrak_2016033005 - Sambora D.pdf

Download (387kB)
[img] Text
MUHAMMAD DOVY SAMBORA_BAB 1_2016033005 - Sambora D.pdf

Download (186kB)
[img] Text
MUHAMMAD DOVY SAMBORA_BAB II_2016033005 - Sambora D.pdf

Download (285kB)
[img] Text
MUHAMMAD DOVY SAMBORA_BAB III_2016033005 - Sambora D.pdf

Download (188kB)
[img] Text
MUHAMMAD DOVY SAMBORA_BAB IV_2016033005 - Sambora D.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
MUHAMMAD DOVY SAMBORA_BAB V_2016033005 - Sambora D.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
MUHAMMAD DOVY SAMBORA_Daftar Pustaka_2016033005 - Sambora D.pdf

Download (421kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi terkait penyesuaian guru dalam pembelajaran daring di Sekolah Dasar Negeri 03 Sukoharjo Tahun 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka. Peneliti menggunakan teknik analisis model interaktif dengan langkah-langkah diawali pengumpulan datta, redusi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran daring SD Negeri 03 Sukoharjo dinilai kurang efektif disebabkan penerapan pembelajaran daring terkesan terburu-buru. Perubahan pembelajaran dari konvensional dengan tatap muka menjadi daring (online) terkendala berkaitan dengan aplikasi pembelajaran, jaringan internet dan gawai, pengelolaan pembelajaran, penilaian, dan pengawasan. Guru harus menyesuiakan diri kebiasaan yang baru dengan pembelajaran daring dan penggunaan teknologi digital seperti whatshaap, google meet, zoom meeting, video, ppt, dan lain-lain, selanjutnya guru harus pemantauan pendampingan melalui whatsapp grup sehingga anak betul-betul belajar. Pnnyesuaian guru terkait koordinasi dengan orang tua yang dilakukan melalui video call maupun foto kegiatan belajar anak dirumah. selanjutnya guru juga harus melakukan penyesuaian diri terkait komunikasi stage holder yang biasanya dilakukan dengan media zoom meeting, google meet, dan whatshaap grup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:30
Last Modified: 01 Aug 2022 03:14
URI: https:///id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item View Item