NOVIANA, Ema and Purnomosidi, Faqih and Musslifah, Anniez Rachmawati (2020) Fenomena Bullying Siswa : Studi Tentang Korban Bullying di SMA "X" Boyolali. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.
Text
COVER.pdf Download (70kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (154kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (144kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (161kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (953kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
Abstract
Sekolah adalah satuan pendidikan yang berjenjang dan berkesinambungan untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar. Sekolah kini menjadi tempat yang umum dalam melakukan tindakan bullying karena sekolah merupakan ruang menimba ilmu bagi begitu banyaknya siswa sehingga dalam kesehariannya, siswa intensif berinteraksi dengan teman sebaya yang kemudian berpotensi terjadi bullying. Bullying adalah tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik, maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tak berdaya. Dalam penelitian ini, informan dipilih sebanyak 5 siswa dengan menggunakan teknik sampling, yaitu berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditemukan oleh peneliti yang menjadi korban bullying fisik, verbal dan psikologis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi serta dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying yang sering terjadi diantaranya bullying verbal dan bullying psikologis/mental. Korban mengalami bullying di sekolah karena memiliki sifat pendiam, fisik yang kecil, sulit bergaul, dan kurang percaya diri terhadap lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat sekitar. Sehingga teman-temannya dengan mudah melakukan bullying dan dilakukan secara berulang-ulang karena tidak ada perlawanan dan berdampak negatif bagi korban yaitu merasa sakit hati, malu dan tertekan. Terkait masalah bullying tersebut bahwa peran guru BK dalam menjalankan perannya di sekolah kurang optimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 01:18 |
Last Modified: | 20 May 2021 03:32 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/121 |
Actions (login required)
View Item |