Pengaruh Pendidikan Kesehatan Berbasis Small Group Discussion Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pencegahan HIV/AIDS

ANITASARI, Ari and Widiyono, Widiyono and Aryani, Atik (2020) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Berbasis Small Group Discussion Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pencegahan HIV/AIDS. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)

Abstract

Latar Belakang : Banyaknya kasus HIV/AIDS yang terjadi pada remaja dikarenakan kurangnya akses informasi yang berdampak pada rendahnya pengetahuan remaja. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan HIV/AIDS yaitu dengan memberikan pengetahuan serta pemahaman yang baik tentang HIV/AIDS salah satunya dengan cara memberikan pendidikan kesehatan. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan berbasis small group discussion terhadap penigkatan pengetahuan siswa. Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Karanganyar yang berjumlah 65 responden. Analisis data dilakukan dengan uji paired sample t-test. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara non probability sampling jenis purposive sampling. Hasil : Hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan pretest didapatkan pengetahuan siswa 14,35% yaitu pengetahuan kategori baik 12 orang (18,5%), cukup 19 orang (29,2%) dan kurang 34 orang (52,3%) setelah diberikan perlakuan pengetahuan meningkat menjadi 22,40% yaitu pengetahuan kategori baik 47 orang (72,3%), cukup 18 orang (27,7%) dan kurang 0. Berdasarkan uji statiktik dengan paired sampel t-test didapatkan hasil p-value< 0,05artinya terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan berbasis small group discussion dengan nilai p-value = 0,0001. Simpulan : Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan HIV/AIDS pada siswa setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan metode small group discussion.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 10 Dec 2020 02:16
Last Modified: 01 Aug 2022 04:25
URI: https:///id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item