Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Booklet Dibandingkan Media Audio Visual Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Siswa Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SMP Bhinneka Karya Musuk Boyolali

SETYANA, Iin and Bahri, Ahmad Syamsul and Putra, Fajar Alam (2020) Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Booklet Dibandingkan Media Audio Visual Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Siswa Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SMP Bhinneka Karya Musuk Boyolali. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Latar Belakang : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak sangat Penting Sehingga Diperlukan Pendidikan Kesehatan yang mudah dipahami. Media booklet sangat membantu sasaran pendidikan karena dapat menyimpan pesan dalam dua bentuk, yaitu pesan bentuk tulis dan gambar sedangkan Audio Visual anak anak dapat melihat gambar dan mendengar secara langsung Penjelasan Tentang PHBS yang baik dan benar. Tujuan Penelitian : untuk mengetahui perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan media Booklet dibandingkan media Audio visual terhadap perubahan pengetahuan dan sikap siswa Metode Penelitian : jenis penelitian ini merupakan quasi experimental dengan desain One group pre and posttest without control one group design, dengan jumlah responden 56 siswa kelas VII dan VIII. Pengumpulan data menggunakan instrument kuisioner dan diuji menggunakan uji Wilxocon dan Man whiteney Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil uji pada pengetahuan menunjukann hasil sig 0.086 < 0.05 yang artinya tidak ada perbedaan pengaruh Pendidikan kesehatan mengunakan Media Booklet dibandingkan Audiovisual. Pada Variabel Sikap menunjukkan hasil Sig 0.00 < 0.005 yang artinya terdapat pengaruh Pendidikan kesehatan menggunakan booklet dibandingkan Audio Visual, dengan mean Rank Booklet 20.43 sedangkan Audio Visual 36,57 yang berarti media Audio Visual Lebih Berpengaruh terhadap Perubahan Sikap Siswa Kesimpulan dan Saran : Pendidikan kesehatan dengan menggunakan media audio visual lebih efektif dibandingkan dengan media booklet dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa maka disarankan dalam memberikan Pendidikan kesehatan pada siswa untuk Menggunakan Audio Visual agar dapat memperbaiki perilaku PHBS siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 10 Dec 2020 02:19
Last Modified: 01 Aug 2022 06:28
URI: https:///id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item