Aplikasi Media Publikasi Komik Digital Interaktif

ARIFIN, Akhmad Dakhilul and Anwariningsih, Sri Huning and Al Haris, Firdhaus Hari Saputro (2020) Aplikasi Media Publikasi Komik Digital Interaktif. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (791kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)

Abstract

Industri komik di Indonesia saat ini tengah dalam masa pertumbuhan setelah mati suri selama hampir 3 (tiga) dekade. Hal tersebut dikarenakan minimnya inovasi dalam industri komik, baik dari sisi sarana maupun isi kontennya. Publikasi komik digital saat ini menjadi salah satu solusi agar karya dari komikus bisa sampai ke pembaca. Pembuatan aplikasi media publikasi komik digital interaktif yang diberi nama Portal Inovasi Komik Lokal (PiKOLO) bertujuan untuk memberikan alternatif platform komik digital yang menyediakan fitur membaca secara interaktif serta mempu menjadi sarana publikasi bagi komikus, khususnya komikus lokal. Aplikasi PiKOLO dikembangkan menggunakan framework Codeigniter, dengan basis pemrograman PHP dan database MySQL. Pada pengembangan aplikasi PiKOLO ini, metode penelitian yang dilakukan berupa observasi kebutuhan dan kondisi platform komik digital yang ada saat ini, lalu mengumpulkan data-data yang dibutuhkan. Kemudian pada tahap implementasi dilakukan studi pustaka dan pengembangan aplikasi menggunakan metode Waterfall. Pengujian aplikasi dilakukan menggunakan metode WebQual 4.0 dengan aspek penilaian meliputi kegunaan/usabilitas, kualitas informasi, interaksi layanan serta aspek secara keseluruhan. Pengujian dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada penggiat komik melalui jejaring sosial serta komunitas komikus dalam rentang waktu yang sudah ditentukan. Hasil dari pengujian menunjukkan aspek kegunaan/usabilitas aplikasi PiKOLO menghasilkan nilai 4,03 dari skala maksimal 5. Sedangkan untuk aspek kualitas informasi, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 4,06 dari skala maksimal 5. Aspek interaksi layanan mendapatkan nilai rata-rata 4,04 dari skala maksimal 5, dan pada aspek keseluruhan/overall mendapatkan nilai rata-rata 4,06 dari skala maksimal 5.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:53
Last Modified: 01 Aug 2022 04:26
URI: https:///id/eprint/144

Actions (login required)

View Item View Item