Motivasi Kerja Guru di Les Baca Anak Hebat

FEMILIAN, Erista and Musslifah, Anniez Rachmawati and Apsari, Fitri (2016) Motivasi Kerja Guru di Les Baca Anak Hebat. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (930kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)

Abstract

Perkembangan di dunia pendidikan, guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan. Profesi guru mempunyai tugas untuk mendidik, mengajar, dan melatih. Guru mengajar karena ada sesuatu yang memotivasi dirinya untuk bekerja. Motivasi kerja ini yang menyebabkan seorang guru untuk bersemangat dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Menjadi guru tanpa motivasi kerja akan cepat merasa jenuh karena tidak adanya unsur pendorong. Motivasi menjadi aktualisasi seorang guru untuk meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui motivasi guru di lembaga bimbingan belajar Les Baca Anak hebat, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi bekerja guru, serta (3) macam-macam motivasi kerja guru. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di Les Baca Anak Hebat. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif, yaitu setelah data yang berkaitan dengan penelitian terkumpul selanjutnya penulis menyusun, meringkas, menyajikan, memberi deskripsi, menganalisa data yang berupa pernyataan-pernyataan untuk memperoleh kesimpulan dan mengambil keputusan secara benar dengan menggunakan data-data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan: (1) motivasi kerja guru di les baca anak hebat berasal dari dalam diri yaitu guru menyukai anak-anak dan ingin mengetahui karakter serta ingin mencari pengalaman bekerja. (2) Faktor-faktor bekerja menurut guru di lembaga bimbingan les baca anak hebat adalah adanya minat dan kebutuhan yang timbul dari dalam diri individu untuk mengajar. (3) Macam-macam motivasi bekerja menjadi seorang guru yaitu adanya faktor dari dalam diri (instrinsik) dan faktor dari luar diri (ekstrinsik).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Guru, Motivasi kerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 30 Nov 2021 08:20
Last Modified: 02 Aug 2022 03:00
URI: https:///id/eprint/1829

Actions (login required)

View Item View Item