Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Multimedia di SDLB YRTRW Surakarta

KUSUMA, Halim Indra and Retnoningsih, Dwi and Charolina, Astri (2022) Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Multimedia di SDLB YRTRW Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
HalimIndraKusuma_Cover_2016061048 - Halim Indra.pdf

Download (506kB)
[img] Text
HalimIndraKusuma_Abstrak_2016061048 - Halim Indra.pdf

Download (138kB)
[img] Text
HalimIndraKusuma_BAB I_2016061048 - Halim Indra.pdf

Download (103kB)
[img] Text
HalimIndraKusuma_BAB II_2016061048 - Halim Indra.pdf

Download (438kB)
[img] Text
HalimIndraKusuma_BAB III_2016061048 - Halim Indra.pdf

Download (384kB)
[img] Text
HalimIndraKusuma_BAB IV_2016061048 - Halim Indra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
HalimIndraKusuma_BAB V_2016061048 - Halim Indra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
HalimIndraKusuma_Daftar Pustaka_2016061048 - Halim Indra.pdf

Download (89kB)

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) diantaranya Anak Tuna Rungu (deaf) merupakan anak yang memiliki kesulitan dan kekurangan dalam melakukan pendengaran. Saat kegiatan pembelajaran, anak tuna rungu berkomunikasi dengan guru menggunakan bahasa isyarat, gambar dan tulisan (text). Tetapi, guru terkadang kesulitan memberikan gambaran atau penjelasan materi yang abstrak seperti fotosintesis dalam mata pelajaran IPA. Kesulitan penyampaian materi dan fokus murid tuna rungu yang kurang baik menjadi salah satu permasalahan sulitnya anak tuna rungu menerima materi. Adanya permasalahan tersebut, dibuatlah aplikasi media pembelajaran IPA untuk membantu guru dan murid dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran IPA diharapkan mampu meningkatkan minat belajar dan pemahaman materi fotosintesis kepada murid tuna rungu. Metodologi penelitian yang digunakan menggunakan 2 metode, metode pengumpulan data dan metode pengembangan sistem. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, studi literatur dan wawancara. Metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Berdasarkan hasil pengujian sistem yang direspon oleh guru dan ahli multimedia, aplikasi media pembelajaran IPA mendapatkan persentase 84,6% dengan interpretasi sangat setuju bahwa aplikasi media pembelajaran IPA layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Aplikasi media pembelajaran IPA berhasil menarik minat belajar dan pemahaman fotosintesis kepada murid tuna rungu setelah dilakukan pengujian terhadap murid, hasilnya 4 dari 5 murid yang melakukan pengujian bisa mencapai nilai minimum.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Tuna Rungu, Fotosintesis
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:20
Last Modified: 29 Jul 2022 07:57
URI: https:///id/eprint/1868

Actions (login required)

View Item View Item