Representasi Relasi Ibu dan Anak dalam Iklan Susu Bebelac 4 Versi Medley You Are My Everything di Televisi

RAHAYU, oktavia and Pertiwi, Dyah Retno and Wisudawanto, Rahmat (2015) Representasi Relasi Ibu dan Anak dalam Iklan Susu Bebelac 4 Versi Medley You Are My Everything di Televisi. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
OKTAFIA RAHAYU_1_COVER-ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
OKTAFIA RAHAYU_2_BAB_I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
OKTAFIA RAHAYU_3_BAB_II.pdf

Download (236kB)
[img] Text
OKTAFIA RAHAYU_4_BAB_III.pdf

Download (56kB)
[img] Text
OKTAFIA RAHAYU_5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
OKTAFIA RAHAYU_6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
OKTAFIA RAHAYU_7_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (346kB)

Abstract

Periklanan melalui media televisi memegang peranan yang sangat penting sebagai sarana komunikasi antara produsen dan konsumen. Televisi mampu menghadirkan gabungan audiodan visual, sehingga masyarakat lebih memahami dan tertarik dengan apa yang disampaikan oleh pengiklan dan produsen produk.Iklan susu pertumbuhan anak sangat bervariasi dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Dalam penelitian ini penulis mengambil salah satu iklan susu pertumbuhan, yaitu susu Bebelac dari Nutricia dengan menggunakan tampilan medley berbahasa Inggris yang menampilkan hubungan ibu dan anak sedang melakukan aktivitas bersama.Dalam iklan susu Bebelac 4 versi medleyyou are my everythingini, PT Nutricia menampilkan pesan tentang nilai-nilai keluarga, khususnya ibu dan anak. Maksud dari nilai-nilai keluarga tersebut adalah bagaimana ibudan anak menjalin relasi yang baik dan tidak lepas dari hal-hal yang ada disekitarnya. Kedekatan hubungan antara anak dan ibunya seperti yang digambarkan dalam iklan tersebut sejalan dengan teori yang diungkapkan oleh Chen bahwa, kualitas hubungan orang tua-anak merefleksikan tingkatan dalam hal kehangatan (warmth), rasa aman (security), kepercayaan (trust).Penelitianini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui makna relasi ibu dan anak yang direpresentasikan dalam iklan Susu Bebelac 4 versi medley you are my everythingditelevisi.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatifdengan pendekatansemiologi Roland Barthes. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah iklan susu Bebelac 4 versi medley you are my everythingdi televisi. Adapun data dalam penelitian ini adalah semua adegan iklan yang mengandung relasi ibu dan anak dan selanjutnya diklasifikasikan menurut 3 nilai relasi ibu dan anak; kehangatan, rasa aman, dan kepercayaanHasilpenelitianmenunjukkan bahwarelasi ibu dan anak dalam iklan susu Bebelac 4 versi medley you are my everythingyang direpresentasikan melalui 3 hal, yakni(1) Kehangatan, (2) Rasa aman, dan (3) Kepercayaan.Dari ketiga kategorisasi tesebut, data yang paling banyak menunjukkan relasi antara ibu dan anakadalah kategorisasi kepercayaan. Adegan yang menunjukkan aspek kepercayaan dalamrelasi ibu dan anak mendapat porsi paling banyak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 15 Mar 2021 06:04
Last Modified: 02 Aug 2022 04:14
URI: https:///id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item