Analisis Pengaruh dan Kreatifitas Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas Sahid Surakarta

MULFIANTO, Edward Arnova and Retno, Rusnandari and Paningrum, Destina (2017) Analisis Pengaruh dan Kreatifitas Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas Sahid Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
EDWARD ARNOVA MULFIANTO_3_ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
EDWARD ARNOVA MULFIANTO_1_COVER.pdf

Download (98kB)
[img] Text
EDWARD ARNOVA MULFIANTO_4_BAB_I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
EDWARD ARNOVA MULFIANTO_5_BAB_II.pdf

Download (292kB)
[img] Text
EDWARD ARNOVA MULFIANTO_6_BAB_III.pdf

Download (447kB)
[img] Text
EDWARD ARNOVA MULFIANTO_7_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
EDWARD ARNOVA MULFIANTO_8_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
EDWARD ARNOVA MULFIANTO_9_DAFPUST.pdf

Download (214kB)

Abstract

Di dunia enterpreneur setiap pengusaha diharapkan dan bahkan dituntut untuk mampu mencapai hasil secara optimal, karena keberhasilan usaha dari seorang wirausahawan tidak terlepas dari motivasi dan kreatifitasdalam diri yang bersangkutan. Maka dari itu motivasi dan kreatofitas merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan seorang wirausahawan dalam menjalankan usahanya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas Sahid Surakarta. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kreativitas terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas Sahid Surakarta. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi dan kreativitas secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas Sahid Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas Sahid Surakarta dengan sampel yaitu sebanyak 137 mahasiswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan tenik Random Sampling (sampel acak), sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan teknik korelasi, regresi sederhana, dan regresi ganda. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa:(1) Variabel Motivasi (X1) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat berwirausaha (Y) karena diperoleh nilai rx1y = 0,459. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan nilai r tabel dengan N = 137 dan taraf signifikansi sebesar 5% sebesar 0,167. Karena r hirung > r tabel atau 0,459 > 0,167 sehingga hipotesis pertama diterima. (2) Variabel Kreatifitas (X2) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat berwirausaha (Y), karena diperoleh nilai rx2y = 0,518. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan nilai r tabel dengan N = 137 dan taraf signifikansi sebesar 5% sebesar 0,167. Karena r hirung > r tabel atau 0,518 > 0,167 sehingga hipotesis kedua diterima. (3) Variabel motivasi (X1) dan variabel kreatifitas (X2) secara bersama-sama memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat berwirausaha (Y), karena diperoleh nilai Fhitung = 47,529. Hasil tersebut dikonsultasikan pada db = 2 dan dk = 134 dan taraf signifikansi 5% maka diperoleh F tabel = 3,00. Karena Fhitung > Ftabel atau 47,529 > 3,00 sehingga hipotesis ketiga diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Administrasi Bisnis
Depositing User: Agung Ferdiyanto Hapsah
Date Deposited: 23 Mar 2021 04:39
Last Modified: 02 Aug 2022 02:16
URI: https:///id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item