Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Lembaga terhadap Kepuasan Nasabah BMT (Studi pada BMT Sejahtera Mandiri Pracimantoro)

HADINI, Netik Pri and Paningrum, Destina and Prihatini, Prima (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Lembaga terhadap Kepuasan Nasabah BMT (Studi pada BMT Sejahtera Mandiri Pracimantoro). Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (126kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (253kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (132kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan nasabah serta ketetapan penyampainnya dalam mengimbangi harapan nasabah. Citra lembaga merupakan kesan atau persepsi seseorang terhadap lembaga atau produknya yang dipengaruhi oleh faktor di luar kontrol lembaga. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas dan citra yang dimiliki lembaga keuangan akan mempengaruhi tingkat kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan citra lembaga terhadap kepuasan nasabah pada BMT Sejahtera Mandiri Pracimantoro. Populasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah nasabah pengguna BMT Sejahtera Mandiri Pracimantoro yang didatangi oleh peneliti dan petugas BMT. Dalam penelitan ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Conviencience Sampling, dan diambil sampel sebanyak 100 nasabah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yaitu dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 responden sebagai sampel untuk mendapatkan tanggapan tentang dimensi kualitas pelayanan dan citra lembaga terhadap kepuasan nasabah. Selain menggunakan kuisioner penulis juga menggunakan metode wawancara, sedangkan teknik analisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik , serta uji hipotesis yaitu uji t dan uji F. Dari uji validitas dan reliabilitas, diperoleh tiap-tiap instrument dari semua variable nilai r tabel diatas 0,195 dikatakan valid. Sedangkan Cronbach Alpha > dari 0,50 dan dinyatakan reliabel. Hasil Uji Multikolinieritas semua instrumen mendapatkan nilai tolerance > 0,10 dan nilai VIF <10 maka dinyatakan tidak terjadi multikolinieritas antar variabel bebas. Uji t parsial yang memiliki nilai lebih dari t hitung 1,987 adalah variabel kehandalan, daya tanggap dan citra lembaga. Uji F memiliki nilai > 2,30 maka dinyatakan semua variabel berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Administrasi Bisnis
Depositing User: Agung Ferdiyanto Hapsah
Date Deposited: 23 Mar 2021 04:49
Last Modified: 01 Aug 2022 07:03
URI: https:///id/eprint/215

Actions (login required)

View Item View Item