Dampak Afektif Ilustrasi Buku Pendidikan Matematika Terhadap Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Sidowayah

ARWENDHA, Phaksi and Toekio, Soegeng and Sugiharjanto, Asto Adi (2014) Dampak Afektif Ilustrasi Buku Pendidikan Matematika Terhadap Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Sidowayah. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
skripsi Phaksi Arwendha - COVER+ABSTRAK - 2012022016-1-14.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi Phaksi Arwendha - BAB I - 2012022016-15-25.pdf

Download (251kB)
[img] Text
skripsi Phaksi Arwendha - BAB II - 2012022016-26-72.pdf

Download (519kB)
[img] Text
skripsi Phaksi Arwendha - BAB III - 2012022016-73-79.pdf

Download (172kB)
[img] Text
skripsi Phaksi Arwendha - BAB IV - 2012022016-80-105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] Text
skripsi Phaksi Arwendha - BAB V - 2012022016-106-107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
skripsi Phaksi Arwendha - DAFTAR PUSTAKA - 2012022016-108-112.pdf

Download (97kB)
[img] Text
skripsi Phaksi Arwendha - LAMPIRAN - 2012022016-113-121.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penerapan media ilustrasi dalam buku pelajaran matematika kelas VI SD Negeri 2 Sidowayah dalam pembelajaran diarahkan pada tercapainya keberhasilan dalam kegiatan belajar khususnya pada mata pelajaran matematika. penerapan media ilustrasi dalam buku pelajaran matematika tersebut juga berperan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi-materi yang disampaikan. Untuk mengetahui bagaimana peran dan pengaruh ilustrasi dalam buku pelajaran matematika terhadap siswa kelas VI SD Negeri 2 Sidowayah dibutuhkan suatu penelitian untuk memperoleh data yang lebih valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak afektif ilustrasi dalam buku matematika terhadap siswa kelas VI SD Negeri 2 Sidowayah. Dalam hal ini subjek penelitianya adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Sidowayah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara dengan kuesioner terbuka. Jenis dan sumber data yang terdapat dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data Primer dalam penelitian ini adalah hasil observasi lapangan dan jawaban dari responden melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur yang terkait, jurnal, dan artikel dari internet yang relevan dengan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) ilustrasi dapat mempengaruhi sikap siswa dan penilaian mereka dalam kegiatan pembelajaran. Dilihat dari gejala-gejala perubahan afektif yang timbul pada siswa, penggunaan media ilustrasi dalam buku pendidikan matematika tersebut dapat membantu siswa kelas VI SD Negeri 2 Sidowayah dalam proses pembelajaran. ilustrasi dalam buku pendidikan matematika kelas VI SD Negeri 2 Sidowayah memberikan kemudahan bagi siswa dalam proses pemahaman dan mampu memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan penerapan ilustrasi dalam buku pendidikan metematika tersebut mampu meningkatkan perhatian siswa dan menggugah perasaan senang dalam diri siswa untuk menyukai kegiatan pembelajaran matematika. 2) penerapan media ilustrasi dalam buku pendidikan matematika tersebut mampu mempengaruhi reaksi siswa pada saat kegiatan pembelajaran matematika. Dengan bantuan media ilustrasi dalam buku pendidikan matematika, siswa kelas VI SD negeri 2 Sidowayah menjadi merasa senang, dan menerima dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut ditandai dengan kemauan siswa dalam memperhatikan penjelasan dari guru dan kemauan siswa untuk bertanya pada materi yang belum mereka pahami. Selain itu sikap positif yang muncul pada siswa ditandai dengan kesediaan siswa untuk menjawab pertanyaan dari guru, kesediaannya dalam menyampaikan pendapat serta menanggapi pendapat dari guru atau siswa lain

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Yohana W
Date Deposited: 19 Jan 2023 08:30
Last Modified: 19 Jan 2023 08:30
URI: https:///id/eprint/2487

Actions (login required)

View Item View Item