Peran Humas dalam Menjalankan Media Relations pada PT Nasmoko di Surakarta

KURNIAWAN, Andik Dwi and Putri, Sofia Ningsih Rahayu and Pratiwi, Dyah Retno (2023) Peran Humas dalam Menjalankan Media Relations pada PT Nasmoko di Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Andik Dwi Kurniawan_Cover_2019073001 - Adk.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Andik Dwi Kurniawan_Abstrak_2019073001 - Adk.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Andik Dwi Kurniawan_BAB I_2019073001 - Adk.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Andik Dwi Kurniawan_BAB II_2019073001 - Adk.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Andik Dwi Kurniawan_BAB III_2019073001 - Adk.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Andik Dwi Kurniawan_BAB IV_2019073001 - Adk.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
Andik Dwi Kurniawan_BAB V_2019073001 - Adk.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text
Andik Dwi Kurniawan_Daftar pustaka_2019073001 - Adk.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Andik Dwi Kurniawan_Lampiran_2019073001.pdf

Download (94kB)

Abstract

Humas mempunyai peran penting untuk membuka ruang bagi masyarakat atau publik untuk mendapatkan akses informasi yang dibutuhkan. PT Nasmoco Surakarta belum memiliki divisi humas tersendiri. Untuk memback up tugas-tugas kehumasan, ada bagian supervisor dan salesman yang menjalankan fungsi dan peran humas. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan peran humas dalam menjalankan media relations pada PT Nasmoco Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kriteria sampelnya adalah Public Relations PT Nasmoco Surakarta. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan cara reduksi data, display data atau penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa peran humas pada PT. Nasmoco Surakarta yaitu: 1) Sebagai penghubung komunikasi antara organisasi dengan masyarakat yaitu penyampaian informasi kebijakan PT Nasmoco Surakarta antara lain seperti kegiatan launching produk baru, event-event, dan promo-promo diskon.; 2) Sebagai pembina hubungan antara organisasi yang diwakili dilakukan dengan kerjasama organisasi PT Nasmoco Surakarta; 3) Sebagai pendukung fungsi manajemen organisasi yaitu humas menjalankan kegiatan proses penemuan faktayang dilakukan dari masukan informasi yang dijaring dari masyarakat atau media massa; dan 4) Sebagai pembangun dan pencipta citra positif organisasi yaitu dengan memberikan pelayanan secara terbuka kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: humas, peran humas, media relations
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:51
Last Modified: 14 Mar 2023 02:51
URI: https:///id/eprint/2577

Actions (login required)

View Item View Item