Studi Komparasi Logo Terang Abadi Televisi (TATV) Lama dan Baru

SAPUTRO, Suko and Martoatmodjo, Soegeng Toekio and Sugiharjanto, Asto Adi (2013) Studi Komparasi Logo Terang Abadi Televisi (TATV) Lama dan Baru. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
SUKO SAPUTRO - Hal. Romawi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SUKO SAPUTRO - BAB 1.pdf

Download (12MB)
[img] Text
SUKO SAPUTRO - BAB 2.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SUKO SAPUTRO - BAB 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SUKO SAPUTRO - BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
SUKO SAPUTRO - BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Televisi selalu memiliki logo sebagai identitas untuk membedakan televisi lain. Dalam membuat desain logo perlu memperhatikan unsur keindahan, selain unsur keindahan perlu diperhatikan juga filosofi, visi, dan misi perusahaan sehingga antara visual logo dengan perusahaan terdapat benang meerah yang saling berkaitan. Logo merupakan identitas yang dipergunakan untuk menggambarkan citra dan karakter suatu lembaga atau perusahaan maupun organisasi. Studi komparasi logo TATV lama dengan logo TATV baru, menggunakan metode kualitatif. Proses penyusunan dimulai dengan menyusun asumsi dasar atau aturan pikiran yang digunakan dalam penelitian. Asumsi dan aturan tersebut selanjutnya diterapkan secara system yang sistematis dalam pengumpulan data dan pengolahan untuk memberikan penjelasan dan argumentasi. Penelitian ini berusaha mengkomparasi atau membandiangkan logo TATV lama dengan logo TATV baru dalam ruang lingkup desain grafis. Teori dalam penelitian ini meliputi, jenis logo yang menurut Jhon Murphy dan Michael Rowe mengungkapkan logo sebagai berikut: Name-only logo, Name-simbol logo, Initial letter logo,Pictorial name logo, Associative logo, Allusives logo, Abstract logo. Bentuk logo menurut Herbert Read, dibagi dua bagian yaitu bentuk relatif dan bentuk absolut. Warna, typografi, komposisi dan estetika komponen. Logo merupakan media komunikasi visual nonverbal yang digunakan untuk penyampean pesan. Logo adalah wujud dari pencitraan dari perusahaan, dan sebuah logo memiliki arti yang mendalam mengenai maksud dan harapan. Secara visual, logo sangat menarik akan tetapi belum tentu menjadi identitas dari perusahaan secara filosofi dan simbolisme. Logo yang dibuat haruslah memiliki timbal balik yang positif terhadap citra perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Yohana W
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:50
Last Modified: 03 Jan 2024 06:50
URI: https:///id/eprint/2623

Actions (login required)

View Item View Item