Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Cito Kota Madiun

SUPRIYANTO, Agus and Khusna, Khotimatul and Pambudi, Risma Sakti (2023) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Cito Kota Madiun. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
AKHIR SKRIPSI AGUS SUPRIYANTO-Cover- Agus Suprianto.pdf

Download (971kB)
[img] Text
AKHIR SKRIPSI AGUS SUPRIYANTO-Abstrak- Agus Suprianto.pdf

Download (194kB)
[img] Text
AKHIR SKRIPSI AGUS SUPRIYANTO-Bab I- Agus Suprianto.pdf

Download (97kB)
[img] Text
AKHIR SKRIPSI AGUS SUPRIYANTO-Bab II- Agus Suprianto.pdf

Download (147kB)
[img] Text
AKHIR SKRIPSI AGUS SUPRIYANTO_Bab III- Agus Suprianto.pdf

Download (222kB)
[img] Text
AKHIR SKRIPSI AGUS SUPRIYANTO-Bab IV- Agus Suprianto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
AKHIR SKRIPSI AGUS SUPRIYANTO.-Bab V- Agus Suprianto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text
AKHIR SKRIPSI AGUS SUPRIYANTO-Daftar Pustaka- Agus Suprianto.pdf

Download (252kB)
[img] Text
AKHIR SKRIPSI AGUS SUPRIYANTO-Lampiran- Agus Suprianto.pdf

Download (977kB)

Abstract

Pelayanan di fasilitas farmasi bertujuan untuk meningkatkan penggunaan obat yang rasional, menjaga keamanan penggunaan obat serta efisiensi biaya obat, dan meningkatkan kualitas hidup pasien serta berkaitan dengan pelayanan langsung yang memiliki tanggung jawab kepada pasien berkaitan dengan sediaan farmasi. Kepuasan pasien adalah suatu tuntutan pelanggan yang menjadi gambaran atas mutu pelayanan apotek. Kepuasan pasien juga menjadi salah satu dasar pengukuran mutu pelayanan kefarmasian dengan tidak mengabaikan standar pelayanan dan kode etik keprofesian. Pelayanan fasilitas kesehatan yang memuaskan akan menjadi pertimbangan bagi pasien dalam menilai fasilitas kesehatan dan kembali ke fasilitas kesehatan yang sama ketika membutuhkan pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien diukur berdasarkan beberapa aspek, seperti empati dan keramahan petugas apotek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Cito Kota Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan menggunakan pendekatan Cross sectional. Cara pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik sampling accidental sampling dengan pengambilan data berdasarkan kuisioner. Sampel penelitian berjumlah 100 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner dengan item pertanyaan menggunakan skala likert. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskripstif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data sampel atau populasi sebagaimana adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83,15% responden sangat puas terhadap penampilan apotek, skor terhadap keramahan petugas sebesar 83,81%, skor sangat puas dengan pelayanan informasi obat sebesar 79,83%, skor sangat puas terhadap ketersediaan obat sebesar 81,05%, skor sangat puas terhadap kecepatan pelayanan sebesar 84,16%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pasien Apotek Cito Kota Madiun sangat puas terhadap pelayanan apotek.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien; Pelayanan fasilitas kesehatan; Apotek; Mutu pelayanan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Farmasi
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:21
Last Modified: 31 Jan 2024 07:21
URI: https:///id/eprint/2756

Actions (login required)

View Item View Item