Analisis Website Universitas Sahid Surakarta Menggunakan Nielsen’s Attributes Of Usability, System Usability Scale, dan Servqual

RICKY, Ricky and Anwariningsih, Sri Huning and Charolina, Astri (2023) Analisis Website Universitas Sahid Surakarta Menggunakan Nielsen’s Attributes Of Usability, System Usability Scale, dan Servqual. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Ricky_Skripsi_2019061024 - Cover - Ricky.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ricky_Skripsi_2019061024 - Abstrak - Ricky.pdf

Download (506kB)
[img] Text
Ricky_Skripsi_2019061024 - BAB I - Ricky.pdf

Download (503kB)
[img] Text
Ricky_Skripsi_2019061024 - BAB II - Ricky.pdf

Download (635kB)
[img] Text
Ricky_Skripsi_2019061024 - BAB III - Ricky.pdf

Download (551kB)
[img] Text
Ricky_Skripsi_2019061024 - BAB IV - Ricky.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
Ricky_Skripsi_2019061024 - BAB V - Ricky.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
Ricky_Skripsi_2019061024 - Daftar Pustaka - Ricky.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Ricky_Skripsi_2019061024 - Lampiran - Ricky.pdf

Download (2MB)

Abstract

Universitas Sahid Surakarta (USAHID Solo) mempunyai website dengan alamat usahidsolo.ac.id. Berdasarkan hasil pengamatan terdapat beberapa permasalahan yang dialami pengguna pada website Universitas Sahid Surakarta dan belum adanya analisis usabilitas terhadap website USAHID Solo. Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat usabilitas dari website Universitas Sahid Surakarta. Metode analisis yang digunakan adalah Nielsen’s Attributes of Usability, System Usability Scale, dan ServQual. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, dan kuesioner. Populasi penelitian berjumlah 1183 responden yang diambil dari seluruh mahasiswa aktif Universitas Sahid Surakarta angkatan 2019 hingga 2022 dari seluruh program studi. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling menghasilkan 106 responden sebagai data sampling. Digunakan uji validitas, dan reliabilitas dalam metode analisis Nielsen’s Attributes of Usability dan ServQual. Analisis regresi linier berganda digunakan pada metode Nielsen’s Attributes of Usability sedangkan metode ServQual menggunakan metode olah data deskriptif frekuensi. Hasil penelitian pada metode Nielsen’s Attributes of Usability menggunakan uji f menghasilkan learnability, efficiency, memorability, dan errors secara simultan berpengaruh terhadap satisfaction. Sedangkan hasil penelitian menggunakan metode analisis System Usability Scale menghasilkan skor SUS sebesar 62,95 yang berarti terdapat permasalahan yang berpengaruh ke tingkat usabilitas sistem. Analisis ServQual menghasilkan indeks rata – rata sebesar 3,75 dari skala 1 sampai 5 artinya pengguna website cukup puas namun dengan beberapa catatan. Saran yang diberikan adalah website dapat memberikan informasi yang lebih spesifik, menyederhanakan desain website, dan membuat perubahan dalam hal keserasian baik itu dalam hal warna dan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis website, Nielsen’s Attributes of Usability, System Usability Scale, ServQual, Usabilitas
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Informatika
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:23
Last Modified: 31 Jan 2024 07:23
URI: https:///id/eprint/2758

Actions (login required)

View Item View Item