Analisis Pengaruh Sertifikasi Halal Self Declare Terhadap Persepsi Peningkatan Penjualan Produk Pelaku UMKM Di Kota Surakarta

PERMATA, Bernovia Kika and Indriastiningsih, Erna and Primasanti, Yunita (2023) Analisis Pengaruh Sertifikasi Halal Self Declare Terhadap Persepsi Peningkatan Penjualan Produk Pelaku UMKM Di Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Bernovia Kika Permata_Cover + Abstrak_2020052037.pdf

Download (987kB)
[img] Text
Bernovia Kika Permata_BAB I_2020052037 - Bernovia Kika.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Bernovia Kika Permata_BAB II_2020052037 - Bernovia Kika.pdf

Download (651kB)
[img] Text
Bernovia Kika Permata_BAB III_2020052037 - Bernovia Kika.pdf

Download (638kB)
[img] Text
Bernovia Kika Permata_BAB IV_2020052037 - Bernovia Kika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
Bernovia Kika Permata_BAB V_2020052037 - Bernovia Kika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
Bernovia Kika Permata_Daftar Pustaka_2020052037.pdf

Download (666kB)
[img] Text
Bernovia Kika Permata_Lampiran_2020052037.pdf

Download (762kB)

Abstract

Pelaku usaha yang produknya sudah memiliki sertifikat halal produk tentunya memiliki keuntungan atau kelebihan dibandingkan yang belum memiliki sertifikat halal produk. Karena produk yang sudah bersertifikat halal akan lebih memberikan rasa tenang kepada konsumen, mendapatkan akses pasar lokal dan global ke pasar halal internasional serta menambah jejaring usaha. Dengan demikian, pelaku yang sudah mendaftarkan sertifikasi halal pada produknya memiliki keyakinan dan pandangan yang positif bahwa penjualan produknya akan lebih meningkat dibandingkan sebelum memiliki sertifikasi halal produk. Namun secara teoritis banyak faktor yang mempengaruhi penjualan produk selain sertifikat halal, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis pengaruh sertifikasi halal self declare terhadap persepsi peningkatan penjualan produk pelaku UMKM di kota Surakarta; 2) Mengetahui seberapa besar sumbangan efektif sertifikasi halal self declare terhadap penjualan. Responden penelitian yaitu pelaku usaha yang sudah memiliki sertifikasi Halal Self Declare, memiliki usaha yang berada di Kota Surakarta. Jumlah responden penelitian sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket / kuesioner, sertifikasi halal self declare dan angket persepsi terhadap peningkatan penjualan produk. Metode analisis data yang digunakan korelasi product moment dari Pearson. Penelitian ini menyimpulkan ada pengaruh / hubungan positif sertifikasi halal dengan persepsi terhadap penjualan produk. Sumbangan variabel sertifikasi halal pada variabel persepsi terhadap penjualan produk sebesar 41,8%. Rekomendasi penelitian kepada pemerintah khususnya BPJPH untuk segera mengoptimalkan sarana penunjang seperti aplikasi SiHalal yang digunakan dalam proses pengajuan sertifikasi halal self declare, agar proses sertifikasi halal bisa berjalan lebih maksimal serta diharapkan terus mensosialisasikan program sertifikasi halal kepada seluruh masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Halal, UMKM, Penjualan Produk
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Teknik Industri
Depositing User: Yohana W
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:05
Last Modified: 16 Feb 2024 07:05
URI: https:///id/eprint/2765

Actions (login required)

View Item View Item