Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa Kelas IX di SMP N 7 Wonogiri

FATIMAH, Umi Nur and Apsari, Fitri and Rifayani, Hastuti (2016) Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa Kelas IX di SMP N 7 Wonogiri. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
UMI NUR FATIMAH_1_ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text
UMI NUR FATIMAH_1_COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
UMI NUR FATIMAH_2_BAB_I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
UMI NUR FATIMAH_3_BAB_II.pdf

Download (180kB)
[img] Text
UMI NUR FATIMAH_4_BAB_III.pdf

Download (451kB)
[img] Text
UMI NUR FATIMAH_5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
UMI NUR FATIMAH_6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
UMI NUR FATIMAH_7_DAFPUST.pdf

Download (239kB)

Abstract

Ujian Nasional merupakan salah satu penyebab kecemasan pada siswa. Kecemasan dapat diatasi jika seseorang mampu mengelola kecerdasan emosinya dengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan kecemasan dalam menghadapi Ujian Nasional pada siswa kelas IX, untuk mengetahui tingkat kecemasan, dan tingkat kecerdasan emosi siswa pada saat menghadapi Ujian Nasional.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala kecerdasan emosidan skala kecemasan dalam menghadapi Ujian Nasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 7 Wonogiri dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang, yang diperoleh melalui teknik purpossive random sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Product Moment dari Pearson dengan bantuan SPSS for Windows Release 22.0.Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dengan kecemasan dalam menghadapi Ujian Nasional, ditunjukkan nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar = 0,688, p = 0,000 (p < 0,01). Hal ini menunjukkan kecerdasan emosi dapat digunakan sebagai prediktor untuk memprediksikan atau mengukur variabel kecemasan. Hasil kategorisasi skala kecemasan menunjukkan tingkat kecemasan siswa pada kelas IX dalam menghadapi Ujian Nasional rendah, ini dapat dilihat dari nilai rerata empirik 66,9 dengan prosentase 20% dan (N) = 12. Kemudian hasil kategorisasi skala kecerdasan emosi menunjukkan tingkat kecerdasan emosi pada siswa kelas IX dalam menghadapi Ujian Nasional tinggi, ini dapat dilihat dari nilai rerata empirik 132,4 dengan prosentase 40%, dan (N) = 24.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi
Depositing User: Fahmi Yufrizal Yusuf
Date Deposited: 24 Mar 2021 01:29
Last Modified: 02 Aug 2022 02:59
URI: https:///id/eprint/280

Actions (login required)

View Item View Item