Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Perawat dalam Mengatasi Streshospitalisasi pada Anak Pra Sekolah di Rumah Sakit Umum Fitri Candra Wonogiri

DARYANTI, Daryanti and Bahri, Ahmad Syamsul and Indriyati, Indriyati (2021) Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Perawat dalam Mengatasi Streshospitalisasi pada Anak Pra Sekolah di Rumah Sakit Umum Fitri Candra Wonogiri. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
''(Daryanti_cover-abstrak_2018122030)'' - daryanti alif.pdf

Download (672kB)
[img] Text
''(Daryanti_Bab I_2018122030.pdf)'' - daryanti alif.pdf

Download (185kB)
[img] Text
''(Daryanti_Bab II_2018122030.pdf)'' - daryanti alif.pdf

Download (252kB)
[img] Text
''(Daryanti_Bab III_2018122030.pdf)'' - daryanti alif.pdf

Download (301kB)
[img] Text
''(Daryanti_Bab IV_2018122030.pdf)'' - daryanti alif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
''(Daryanti_Bab V_2018122030.pdf)'' - daryanti alif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)

Abstract

Latar Belakang: Hospitalisasi pada anak merupakan suatu proses yang terjadi karena suatu alasan yang direncanakan atau darurat sehingga mengharuskan anak untuk tinggal di rumah sakit. Pengetahuan, sikap dan perilaku perawat yang baik dalam mengatasi dampak hospitalisasi diharapkan dapat membantu mengatasi stres hospitalisasi pada anak. Tujuan: Mengetahuai hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilakuperawat dalam mengatasi stres hospitalisasi padaanak pra sekolah di Rumah Sakit Umum Fitri Candra Wonogiri. Metode: Metode penelitian adalah deskripsi kolerasi, pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 25 perawat Rawat Inap dan 25 pasien anak dengan hospitaslisasi. Teknik sampel menggunakan Sampling Jenuh. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan, sikap dan perilaku, tingkat stres hospitalisasi menggunakan DASS. Analisis data menggunakan uji statistik Fisher exact dan Regresi linier berganda. Hasil: Sebanyak 16 responden (64%) dengan pengetahuan baik, 9 responden ((36%) dengan pengetahuan kurang baik. Terdapat 18 responden (72%) dengan sikakp positif, 7 responden (28%) dengan sikap negatif. Terdapat 14 responden (56%) dengan perilaku baik dan 11 responden (44%) dengan perilaku kurang baik. Sebanyak 13 anak dengan stres ringan (52%) dan 12 responden dengan stres sedang (48%). Hasil uji Fisher exact hubungan pengetahuan dan stres hospitalisasi p =0,041. Hubungan sikap dan stres hospitalisasi diperoleh p =0,030. Hubungan perilaku dan stres hospitalisasi diperoleh p =0,047. Persamaan regresi linier berganda Y = 39,573- 0,629 X1-0,216X2-0,709X3. Kesimpulan : Ada hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilakuperawat dalam mengatasi stres hospitalisasi padaanak pra sekolah.Faktor perilaku perawat merupakan faktor paling berpengaruh terhadap tingkat stres hospitalisasi anak pra sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:45
Last Modified: 01 Aug 2022 02:11
URI: https:///id/eprint/311

Actions (login required)

View Item View Item