ARYUDA, Aditya Surya and Lukitasari, Evelyne Henny and Wibowo, Yudi (2025) Desain Font Dekoratif Adaptasi dari Seni Ukir Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.
![]() |
Text
Aditya Surya Aryuda_HAL. AWAL_2019021004.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Aditya Surya Aryuda_BAB 1_2019021004.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Aditya Surya Aryuda_BAB 2_2019021004.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Aditya Surya Aryuda_BAB 3_2019021004.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Aditya Surya Aryuda_BAB 4_2019021004.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Aditya Surya Aryuda_BAB 5_2019021004.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Aditya Surya Aryuda_DAFTAR PUSTAKA_2019021004.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Aditya Surya Aryuda_LAMPIRAN_2019021004.pdf Download (1MB) |
Abstract
Seni ukir Surakarta merupakan salah satu peninggalan kebudayaan lokal yang kaya akan nilai seni dan filosofi. Seni ukir Surakarta memiliki ciri khas yang mengambil gubahan motif patran dan ukel pakis yang menjalar dengan bebas dan fleksibel dengan variasi wujud motif cembung dan cekung yang dilengkapi variasi buah dan bunga. Hal ini memungkinkan untuk mengembangkan motif ukir Surakarta mengikuti perkembangan digitalisasi di zaman sekarang dengan menonjolkan ciri khas seni ukir Surakarta yang mudah diingat oleh banyak orang Oleh karena itu, tipografi menjadi salah satu cara untuk mengkomunikasikan ide atau informasi yang dapat mengikuti perkembangan zaman. Perancangan font dekoratif bertujuan untuk menciptakan tipografi yang tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi teks, tetapi juga sebagai elemen desain visual yang menarik. Perancangan desain font adaptasi dari motif ukir Surakarta ini menciptakan sebuah font dekoratif bernama AKSARAKARTA yang ditampilkan menggunakan gaya visual dekoratif patran, memadukan kesederhanaan struktur sans-serif dengan motif ukir Surakarta yang diterapkan secara minimalis pada bagian tertentu huruf, seperti ujung, sambungan, atau garis horizontal yang menciptakan keseimbangan antara modernitas dan estetika, serta diaplikasikan dengan konsep dan beberapa media yang dipilih, sebagai alat promosi untuk memperkenalkan kepada audiens yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Decorative, Font, Carving Art, Typography |
Subjects: | N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Aditya Surya Aryuda |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 08:28 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 08:28 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |