Pengaruh Hiper Personalisasi dan Promosi Terhadap Minat Beli dengan Emosi Belanja Sebagai Mediator (Studi pada Mahasiswa Pengguna E-Commerce di Surakarta)

Abisha, Yoshua Indra and Kusumastuti, Anggit Dyah and Cahyani, Rusnandari Retno (2025) Pengaruh Hiper Personalisasi dan Promosi Terhadap Minat Beli dengan Emosi Belanja Sebagai Mediator (Studi pada Mahasiswa Pengguna E-Commerce di Surakarta). JBMR: Journal of Business and Management Review, 6 (7). pp. 857-879. ISSN 2723-1097

[img] Text
Yoshua Indra Abisha_Hal. Awal_2020081003.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Yoshua Indra Abisha_Bab I-II_2020081003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text
Yoshua Indra Abisha_Bab III-IV_2020081003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text
Yoshua Indra Abisha_Bab V_2020081003.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Yoshua Indra Abisha_Daftar Pustaka_2020081003.pdf

Download (379kB)
[img] Text
Yoshua Indra Abisha_Lampiran_2020081003..pdf

Download (1MB)
Official URL: https://profesionalmudacendekia.com/index.php/jbmr...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hiper-personalisasi dan promosi terhadap niat beli. Selain itu, penelitian ini juga menguji peran emosi berbelanja sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa di Kota Surakarta. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan SmartPLS4. Studi ini memiliki kebaruan karena dalam penelitian sebelumnya belum ada yang menambahkan variabel emosi berbelanja sebagai jembatan pengaruh hiperpersonalisasi dan promosi terhadap niat beli konsumen. Hiper-personalisasi tidak secara langsung mempengaruhi kecenderungan pelanggan untuk membeli; sebaliknya, memiliki dampak positif namun tidak signifikan terhadap niat beli. Hiper-personalisasi secara signifikan meningkatkan emosi berbelanja, yang menunjukkan bahwa pengalaman yang dipersonalisasi dapat meningkatkan keterlibatan konsumen. Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, yang menunjukkan bahwa kegiatan promosi secara efektif mempengaruhi perilaku konsumen. Emosi berbelanja juga sangat dipengaruhi oleh promosi, sehingga promosi yang dikelola dengan baik dapat meningkatkan keterlibatan emosional pembeli. Niat beli secara kuat dan signifikan dipengaruhi oleh emosi berbelanja, yang menunjukkan bahwa emosi positif dapat meningkatkan niat beli konsumen. Meskipun pengaruhnya kecil, emosi berbelanja menjadi mediator dalam hubungan antara hiper-personalisasi, promosi, dan niat beli hingga tingkat tertentu. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya penelitian sebelumnya dengan menambahkan peran emosi berbelanja sebagai variabel mediasi. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan beberapa studi sebelumnya dengan hasil yang berbeda

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hiper-Personalisasi, Promosi, Emosi Berbelanja, Niat Beli
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Administrasi Bisnis
Depositing User: Yoshua Indra Abisha
Date Deposited: 20 Oct 2025 06:26
Last Modified: 20 Oct 2025 06:26
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3228

Actions (login required)

View Item View Item