AGUSTIN, Meliawati and Musslifah, Anniez Rachmawati and Ernawati, Sri (2014) Kemampuan Interaksi Sosial dan Bahasa Anak Retardasi Mental di SLB C-G YPPCG Bina Sejahtera Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.
![]() |
Text
Skripsi Hal. Awal.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab I.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab II.pdf Download (16MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Keterbelakangan mental atau Retardasi Mental merupakan suatu keadaan perkembangan mental yang terhenti atau tidak lengkap, ditandai oleh adanya kelemahan (impairment) ketrampilan atau kecakapan (skills) selama masa perkembangan sehingga berpengaruh pada semua tingkat intelegensi, yaitu kemampuan kognitif, bahasa, motorik, dan sosial. Ciri-ciri retardasi mental antara lain: lamban dalam mempelajari hal-hal yang baru, kesulitan dalam mempelajari pengetahuan abstrak atau yang berkaitan, selalu cepat lupa apa yang dia pelajari tanpa latihan yang terus-menerus. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak Retardasi Mental dalam berinteraksi sosial dengan teman maupun guru serta untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak retardasi mental. Untuk mengetahui kemampuan interaksi sosial dan Bahasa Anak Retardasi Mental, Penulis menggunakan metode kualitatif, dengan populasi kelas 2 SD yang berjumlah 5 siswa di SLB C-G YPPCG Bina Sejahtera. Pengambilan sampel dengan cara menggunakan Test Colour Progressive Matrices (CPM Test) yang mempunyai intelegensi pada taraf Border Line. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa seseorang dalam kondisi Retardasi Mental tetap memiliki kemampuan dalam berinteraksi sosial dengan lingkungannya. Meskipun kemampuan berbahasanya satu dengan yang lain berbeda. Oleh karena itu, perhatian dan pendampingan dari orang tua dan lingkungan sekitar tetap harus di berikan agar kemandirian anak Retardasi Mental dapat terwujud.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa, Interaksi Sosial, Retardasi Mental |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Psikologi |
Depositing User: | Dwi Ratna Sari |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 08:14 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 08:14 |
URI: | http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |