Studi Tentang Penampilan dan Beberapa Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Kasus di Ratu Ratih Café Hotel Sahid Raya Solo)

SURAJI, Suraji and Nugroho, Waego Hadi and Nurmansyah, Agung (2004) Studi Tentang Penampilan dan Beberapa Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Kasus di Ratu Ratih Café Hotel Sahid Raya Solo). Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Skripsi Hal. Awal.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Bab I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Bab II.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
Skripsi Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (11MB)

Abstract

Terjadinya persaingan antara sesama perusahaan jasa perhotelan, mendorong munculnya berbagai kegiatan yang dilaksanakan hotel sebagai upaya menghadapi persaingan sekaligus mendapatkan perhatian dan minat dari konsumen atau para tamu. Begitu juga yang dilakukan Hotel Sahid Raya Solo sebagai salah satu hotel bertaraf internasional dan berbintang empat perlu mengkaji beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan khusus dalam menghadapi persaingan yang ada. Di dalam bisnis ini terjadi semacam barter antara pembeli dengan penjual dalam hal ini antara produk jasa dengan uang, barter ini tidak akan berjalan mulus kalau petugas-petugas yang akan menangani pelayanan tidak diseleksi secara cermat, dididik dan dilatih dengan baik, dilatih berkomunikasi serta dikoordinasikan secara teliti serta dipersiapkan dengan kesungguhan hati fungsi kualitas pelayanan terkait dengan fungsi manajemen perusahaan untuk mencapai tujuan bersama, pelayanan pada prinsipnya menyelenggarakan barter antara pelayanan dan kepuasan dua arah timbal balik antara hotel dan tamu membina hubungan yang baik pada gilirannya tetap setia menjadi pelanggan di Ratu Ratih Café, karena suatu citra positif yang selalu dibangun dengan pelayanan. Penelitian ini mengambil lokasi di Hotel Sahid Raya Solo yang terletak di Jalan Gajah Mada No.82 Surakarta. Merupakan penelitian deskriptif kualitatif pembahasan banyak diarahkan pada deskriptif ciri-ciri variabel yang diamati dengan pendekatan kualitatif. Kelompok responden pertama semua elemen hotel yang berhubungan dengan obyek penelitian elemen kedua adalah tamu yang pernah mengunjungi restoran secara random dengan jumlah 30 orang. Dari temuan penelitian terhadap ketiga variabel yang dipertimbangkan kualitas Food and Beverage Service, dan penataan restoran tabel 3, tabel 4, tabel 5, terlihat bahwa variabel-variabel tersebut terdapat kaitan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Administrasi Bisnis
Depositing User: Dwi Ratna Sari
Date Deposited: 11 Jul 2025 07:18
Last Modified: 11 Jul 2025 07:18
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3304

Actions (login required)

View Item View Item