Kontruksi Media Online Pada Pilkada Gubernur DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua (Analisis Framing Berita pada Pasangan Ahok-Djarot dan Annies-Sandi di Media Detik.com, Okezone.com, dan Metronews.com)

AZIZAH, Neli and Kartinawati, Erwin and Wiryawan, Hari (2019) Kontruksi Media Online Pada Pilkada Gubernur DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua (Analisis Framing Berita pada Pasangan Ahok-Djarot dan Annies-Sandi di Media Detik.com, Okezone.com, dan Metronews.com). Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
NELI AZIZAH_1_COVER-ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
NELI AZIZAH_2_BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
NELI AZIZAH_3_BAB_II.pdf

Download (394kB)
[img] Text
NELI AZIZAH_4_BAB_III.pdf

Download (116kB)
[img] Text
NELI AZIZAH_5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
NELI AZIZAH_6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
NELI AZIZAH_7_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (113kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kontruksi media online Detik.com, Okezone.com dan Metrotvnews.com dalam memberitakan pilkada Gubernur DKI Jakarta pada pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi menggunakan analisis framing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa berita yang ada di media online Detik.com,Okezone.com, dan Metrotvnews.com yang berkaitan dengan tema atau judul penelitian. Selain menggunakan sumber data berupa berita, digunakan pula sumber data yang lain seperti buku atau literatur lain yang mendukung Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menggunakan pisau analisis framing model Robert N Entman dapat ditarik kesimpulan bahwa framing dari Detik.com,Okezone.com, dan Metrotvnews.com memiliki sudut pandang yang berbeda dalam menyampaikan pemberitaannya, seperti dalam topik Pilkada Jakarta putaran kedua ini, isu yang sama namun hasil pemberitaannya berbeda. Hal ini dapat dilihat dari penonjolan isu dan narasumber yang digunakan oleh ketiga media tersebut. Banyak faktor yang menyebabkan perbedaan hal ini. Adanya faktor keterlibatan atau afiliasi pemilik media kepada salah satu pasangan calon yang bertanding dalam Pilkada Putaran kedua baik pada pasangan calon Ahok-Djarot maupun pada pasangan Anies-Sandi, menjadi faktor yang berpengaruh dalam kontruksi pemberitaan media. Adanya keterliatan atau afiliasi tersebut menyebabkan berita yang disampaikan bukanlah fakta yang obyektif, namun fakta yang telah dikontruksikan oleh media atau penulis/wartawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agung Ferdiyanto Hapsah
Date Deposited: 24 Mar 2021 02:40
Last Modified: 01 Aug 2022 06:55
URI: https:///id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item