Strategi Komunikasi Humas RS PKU Muhammadiyah Surakarta Dalam Edukasi Komunikasi Efektif Pada Karyawan

AGARI, Riastyo and Musta'an, Musta'an and Putri, Sofia Ningsih Rahayu (2019) Strategi Komunikasi Humas RS PKU Muhammadiyah Surakarta Dalam Edukasi Komunikasi Efektif Pada Karyawan. Other thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
RIASTYO AGARI_1_COVER-ABSTRAK.pdf

Download (617kB)
[img] Text
RIASTYO AGARI_2_BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
RIASTYO AGARI_3_BAB_II.pdf

Download (255kB)
[img] Text
RIASTYO AGARI_4_BAB_III.pdf

Download (28kB)
[img] Text
RIASTYO AGARI_5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
RIASTYO AGARI_6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
RIASTYO AGARI_7_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (922kB)

Abstract

Rumah sakit bisa dibilang berhasil bukan hanya karena kelengkapan fasilitas yang dimiliki, melainkan juga sikap dan layanan sumber daya manusia merupakan unsur yang sangat berpengaruh terhadap pelayanan yang dihasilkan dan dipersepsikan pasien. Kota Solo memiliki beberapa instansi yang bergerak di bidang kesehatan, salah satunya yaitu RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Banyaknya keluhan pelanggan mengenai antrian pendaftaran yang memakan waktu lama, lambatnya penanganan dokter dan perawat, serta ada beberapa keluhan tentang kurang ramahnya petugas informasi. RS PKU Muhammadiyah Surakarta diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayann bagi pasien dan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi humas yang dilakukan oleh humas RS PKU Muhammadiyah Surakarta dalam edukasi komunikasi efektif pada karyawan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber datanya meliputi data primer yang diperoleh melalui proses wawancara dan data sekunder yang berasal dari dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Metode penarikan sampel bersifat purposive sampling dimana teknik ini mencakup orang-orang yang diseleksi berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Responden dalam penelitian ini adalah manajer humas RS PKU Muhammadiyah Surakarta, kemudian teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, pengumpulan data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar empat strategi sudah berhasil dan sesuai dengan harapan humas RS PKU Muhammadiyah Surakarta, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Peningkatan seperti kemampuan para karyawan dalam menjaga konsistensi strategi yang sudah diberikan humas RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Peningkatan sumber daya manusia yang professional melalui DIKLAT dengan adanya edukasi komunikasi efektif yang ditunjukan untuk pegawai, tenaga medis, dan juga perawat dikatakan cukup baik. Pelayanan keluhan dan informasi pasien dan pelanggan cukup memuaskan, hal ini bisa dibuktikan dengan membuka berbagai macam sarana seperti pemasangan nomor whatsapp di area-area umum dan juga melalui media internet atau media sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agung Ferdiyanto Hapsah
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:21
Last Modified: 01 Aug 2022 06:48
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item