Makna Logo Credit Union (CU) Mandiri : Analisis Deskriptif Berdasarkan Semiotika Charles Sender Peirce

ERYANTO, FX and Anwar, Ahmad Khoirul and Lukitasari, Evelyne Henny (2017) Makna Logo Credit Union (CU) Mandiri : Analisis Deskriptif Berdasarkan Semiotika Charles Sender Peirce. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
FX ERYANTO_1_COVER.pdf

Download (146kB)
[img] Text
FX ERYANTO_ABSTRAK.pdf

Download (701kB)
[img] Text
FX ERYANTO_2_BAB_I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FX ERYANTO_3_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
FX ERYANTO_4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
FX ERYANTO_5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
FX ERYANTO_6_BAB_V.pdf

Download (676kB)
[img] Text
FX ERYANTO_7_DAFPUST-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Credit Union memiliki semangat gagasan Friedrich Wilhelm Raiffeisen, yang meyakini bahwa koperasi dapat membantu diri sendiri (self-help). CU Mandiri merupakan satu dari sekian banyak Credit Union yang berdiri di Indonesia. Untuk meningkatkan upaya branding, CU Mandiri menerbtikan logo yang diharapkan dapat membangun citra lembaga. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana betuk serta unsur-unsur penyusun logo tersebut. Penelitian ini juha dimaksudkan untuk menemukan makna logo CU Mandiri, bersadarkan analisis semiotika Charles Sanders Peirce Penelitian kualitatif deskriptif ini yang memanfaatkan sumber data kualitatif . Data-data akan disampaikan dalam bentuk verbal, dimana lebih menekankan pada persoalan kontekstual dan tidak terikat dengan perhitungan angka-angka atau ukutan yang bersifat empiris. Data tersebut dalam bentuk narasi, dan gambar-gambar yang diperoleh melalui wawancara, observasi, rekaman dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk logo CU Mandiri terdiri dari logotype dan logogram. Logotype berupa teks brand name"CU MANDIRI" dan logogram-nya terbentuk dalam gabungan beberapa bentuk visual , yaitu gambaran keluarga, bola dunia, tangan kanan merengkuh, dan sepasang tangan. Layout logogram disusun dalam skala unik yang memanfaatkan pola segitiga, lingkaran, garis vertikal dan frame bujur sangkar. Bentuk logo dengan segala elemennya berperan dalam proses signifikasi/semiosis. Pesan tanda dari proses signifikasi tersebut adalah CU Mandiri dalam pondasi pilar-pilar kokoh nilai swadaya, solidaritas, pendidikan, dan inovasi, menjadikan dirinya komunitas pemberdayaan hidup yanng merangkul segala lapisan masyarakat tanoa memandang suku, agama, dan ras (SARA), fokus pada gerakan untuk memperjuangkan kesehjahteraan bagi semua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Semiotika, pierce, logo, credit union, signifikasi, semiosis
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Anastasia Sekar Arum
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:36
Last Modified: 01 Aug 2024 06:45
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item