“Analisa Risiko Pekerjaan Overhaul Undercarriage PC210-10M0 dengan Metode Hazard Identification Risk Assessment Determining Control di PT Saptaindra Sejati Jobsite Sera”

Putra, Jeryco Etwan Resha and Indriastiningsih, Erna and Sutrisno, Agung Widiyanto Fajar (2025) “Analisa Risiko Pekerjaan Overhaul Undercarriage PC210-10M0 dengan Metode Hazard Identification Risk Assessment Determining Control di PT Saptaindra Sejati Jobsite Sera”. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Jeryco Etwan Resha Putra_Hal. Awal_2023052004.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Jeryco Etwan Resha Putra_BAB I_2023052004.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Jeryco Etwan Resha Putra_BAB II_2023052004.pdf

Download (634kB)
[img] Text
Jeryco Etwan Resha Putra_BAB III_2023052004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
Jeryco Etwan Resha Putra_BAB IV_2023052004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Jeryco Etwan Resha Putra_BAB V_2023052004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
Jeryco Etwan Resha Putra_BAB VI_2023052004.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Jeryco Etwan Resha Putra_DAFTAR PUSTAKA_2023052004.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Jeryco Etwan Resha Putra_Lampiran_2023052004.pdf

Download (415kB)
Official URL: https://journal.aritekin.or.id/index.php/Manufaktu...

Abstract

Menurut surat edaran KaIT mengenai pembelajaran kasus kecelakaan tambang bulan september tahun 2024 dan ulasan kecelakaan tambang triwulan III tahun 2024, persentase kecelakaan di bengkel yaitu mencapai 16,13% dan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir Departemen Plant PT Saptaindra Sejati Jobsite Sera telah mengalami 2 kali insiden berat yang masuk dalam kategori LTI akibat bekerja dengan alat angkat pada komponen undercarriage. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi risiko, menganalisis tingkat risiko dan memberikan rekomendasi pengendalian risiko pada pekerjaan overhaul undercarriage PC210-10M0. Penelitian ini menggunakan metode HIRADC dengan mengidentifikasi potensi bahaya melalui perhitungan dari tingkat peluang dan tingkat keparahan agar didapat tingkat risiko dengan matriks risiko. Kemudian dilakukan pengendalian melalui administrasi berupa administrasi dan APD. Hasil Penelitian ini menunjukan terjadi penurunan setelah dilakukan pengendalian risiko, dari extreme risk ke medium risk dan juga dari high risk ke low risk. Saran untuk penilitian ini yaitu perlunya pembuatan HIRADC terbaru untuk masing-masing section dan aktif melakukan sosialisasi mengenai JSA sebelum bekerja dan inspeksi serta observasi mengenai perilaku kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HIRADC, Overhaul Undercarriage, Pengendalian risiko
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan > Teknik Industri
Depositing User: Jeryco Etwan Resha Putra
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:08
Last Modified: 06 Oct 2025 07:08
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3440

Actions (login required)

View Item View Item