Perancangan Interior TK Islam Nur Rohman dengan Konsep Neo Vernacular Sebagai Sekolah Inklusi Tamah Anak

An Najla, Fathiyah and Paradita, Dea Syahnas and Seftianingsih, Dina Kristiana (2025) Perancangan Interior TK Islam Nur Rohman dengan Konsep Neo Vernacular Sebagai Sekolah Inklusi Tamah Anak. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
Fathiyah An Najla_Hal.Awal_2021011001.pdf

Download (785kB)
[img] Text
Fathiyah An Najla_BAB I_2021011001.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Fathiyah An Najla_BAB II_2021011001.pdf

Download (904kB)
[img] Text
Fathiyah An Najla_BAB III_2021011001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Fathiyah An Najla_BAB IV_2021011001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Fathiyah An Najla_BAB V_2021011001.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Fathiyah An Najla_Daftar Pustaka_2021011001.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Fathiyah An Najla_Lampiran_2021011001.pdf

Download (1MB)

Abstract

TK Islam Nur Rohman merupakan lembaga pendidikan anak usia dini inklusi. Kondisi eksisting sekolah memiliki beberapa permasalahan, seperti tata ruang yang kurang optimal, penggunaan material yang tidak ramah anak, pencahayaan dan ventilasi yang tidak maksimal, serta minimnya fasilitas pendukung untuk sekolah inklusi. Proyek ini bertujuan merancang ulang interior dengan konsep Neo Vernacular yang memadukan nilai budaya lokal Wonogiri dengan desain ramah anak untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan inklusif. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil perancangan mencakup penataan ulang ruang kelas, perpustakaan, ruang guru, ruang kepala sekolah, area bermain, dan fasilitas pendukung lainnya dengan memperhatikan ergonomi, aksesibilitas, pencahayaan, sirkulasi, serta elemen edukatif. Penerapan konsep Neo Vernacular diwujudkan melalui bentuk, motif, dan warna alam yang dipadukan dengan kebutuhan dan fungsi masa kini, sehingga menghadirkan suasana belajar yang fungsional, estetis, dan menanamkan rasa peduli terhadap budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Tugas Akhir dengan Luaran HaKI
Uncontrolled Keywords: Neo vernacular, Inklusi, Ramah anak
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Interior
Depositing User: Fathiyah An Najla
Date Deposited: 07 Oct 2025 01:12
Last Modified: 07 Oct 2025 01:12
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/3465

Actions (login required)

View Item View Item