Perancangan Desain Komunikasi Visual Pada Media Becak Sebagai Daya Tarik Pariwisata Kota Surakarta

ALFI, Ahmad Fadhillah and Sugiharjanto, Asto Adi and Lukitasari, Evelyne Henny (2018) Perancangan Desain Komunikasi Visual Pada Media Becak Sebagai Daya Tarik Pariwisata Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Sahid Surakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)

Abstract

Becak merupakan aset budaya yang memilikinilai sejarah pada moda transportasi tradisional di kota Surakarta. Halini menjadikannya lebih unggul sebagai sebuah objek daya tarik pariwisata dibandingkan transportasi lain.Perancangan konsep desain komunikasi visual pada media becak dilakukan berdasarkan kebutuhan untuk menaikkan eksistensinya akan meningkatkan citra kepercayaan pengguna jasa terhadap moda transportasi becak. Peningkatkan becak pada aspek desain bertujuanuntuk memperkenalkan citra becakmemiliki karakter dan kualitas standartuniversal.Ditambahdengan peningkatan pada aspek kenyamanan dan aspek keamananberupa atribut kelengkapan berdasarkan pada aktifitas becak. Metode perancangan yang digunakan melalui prosedural dengan menetapkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah konsep perancangan media dan disertai deskripsi konseptual, meliputi: (1) latar belakang masalah, (2) identifikasi data, (3) konsep perancangan, (4) implementasi karya, (5) kesimpulan.Perancangan yang dilakukan menghasilkan beberapa media berupa visual media becak Surakarta bergaya desain flat designdengan mempublikasikan terhadap unsur sejarah arsitektur dan budaya bahasa, corak, karakter masyarakat Jawakota Surakarta. Ditambah dengan perancangan media atribut kelengkapan pengemudi becak didesain dan didukung dengan media promosi merchandisemenjadi salah satu sarana promosi yangdigunakan pada aktivitas pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Anastasia Sekar Arum
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:13
Last Modified: 01 Aug 2024 06:35
URI: http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item View Item